Sukses

Temui Ahok, Adik Prabowo Mundur dari Taman Margasatwa Ragunan

Dia berharap Ragunan dapat menjadi kebun binatang berkelas internasional dan memiliki koleksi hewan-hewan yang lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Adik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, mendatangi Balaikota DKI Jakarta, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Kedatangan Politisi Partai Gerindra itu untuk mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai Ketua Dewan Pengawas Taman Margasatwa Ragunan kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

"Saya baru akan menghadap saudara Basuki Tjahaja Purnama selaku Gubernur DKI Jakarta, menyampaikan secara resmi surat pengunduran diri dari jabatan Ketua Dewan Pengawas BLUD [Taman Margasatwa Ragunan]," ujar Hashim, Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Dia menjelaskan bahwa dirinya harus mundur lantaran aktivitasnya sebagai politisi atau pengusaha semakin padat. Namun demikian, Hashim mengaku tetap bangga mengemban tugas yang diamanatkan kepadanya. Hashim menduduki jabatan tersebut selama 1,5 tahun.

"Akan tetapi melihat perkembangan yang ada, keterbatasan waktu dan alasan profesional serta operasional, tidak ada pilihan lain selain mengundurkan diri. Ini saat yang tepat, dan saya  tak ragu mengundurkan diri karena telah dihasilkan sebuah kesepakatan dalam Dialog Publik mengenai Dasar Pengembangan TMR menuju jenjang berkelas dunia, " ucap Hashim.

Hashim menyadari, mengelola sebuah Taman Margasatwa seperti Ragunan yang diklaim sebagai Kebun Binatang terluas di Asia Tenggara tidak mudah. Ia harus menghadapi berbagai gempuran ‎komersialisme dan materialisme yang tak memihak rakyat, membutuhkan sebuah idealisme kebangsaan yang berorientasi pada kepentingan publik.

"Apalagi dengan koleksi flora-fauna Indonesia yang cukup lengkap, dengan fungsi utama konservasi flora dan fauna Indonesia sekaligus fungsi pendidikan dan rekreasi yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat," ucap dia.

Selain mengajukan pengunduran diri, Hashim yang juga termasuk seorang pencinta binatang itu ingin mengucapkan terima kasih kepada Ahok yang sejak awal memberikan kepercayaan kepadanya memberikan kontribusi membenahi Kebun Binatang Ragunan.
‎
"Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dan disertai harapan semoga pemerintahan Daerah Khusus Ibukota Jakarta di bawah kepemimpinan Bapak Basuki Tjahaja Purnama, tetap konsisten menjaga dan mengawal keberadaan Taman Margasatwa Ragunan dalam fungsi utamanya sebagai lembaga konservasi flora dan fauna Indonesia, fungsi pendidikan dan rekreasi, serta fungsi penting lainnya" kata Hashim.
 
Ia berharap, ke depannya Kebun Binatang Ragunan dapat menjadi kebun binatang berkelas internasional dan memiliki koleksi hewan-hewan yang lebih banyak lagi. Untuk mencapai itu, Hashim berharap masyarakat juga mengambil peran dalam menjaga dan melestarikan objek wisata andalan di Jakarta itu.

"Saya mengajak keterlibatan semua pemangku kepentingan dan warga Jakarta, agar membantu dan mengawal pak Gubernur sehingga TMR akan terpelihara, berkembang dan menjadi bertaraf internasional dan tetap mendahulukan konservasi kekayaan flora dan fauna Indonesia serta berorientasi pada kepentingan publik untuk masyarakat Jakarta dan demi Indonsia," kata dia.

Pertemuan Ahok dan Hashim digelar di ruang tamu gubernur DKI Jakarta dan dilakukan secara tertutup. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.