Sukses

Gitar Bass Metallica Jokowi Bikin Penasaran Warga Yogyakarta

Gitar Presiden Jokowi yang merupakan hadiah dari bassist Metallica Robert Trujilo kini menjadi barang sitaan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Gitar Presiden Jokowi yang merupakan hadiah dari bassist Metallica Robert Trujilo kini menjadi barang sitaan KPK. Saat dipamerkan pada Festival Anti-Korupsi yang digelar KPK di Grha Sabha Pramana, Yogyakarta, barang hasil gratifikasi yang diserahkan Jokowi itu jadi magnet pengunjung.

Pantauan Liputan6.com, stan pameran barang gratifikasi terlihat paling ramai didatangi pengunjung. Sebab, sebagian besar masyarakat penasaran dengan berbagai barang gratifikasi yang disita KPK.

Beberapa barang yang dipamerkan diantaranya gitar merek Ibanez yang dilaporkan Jokowi. Selain itu juga terdapat barang gratifikasi berupa koin emas, arloji dari Rusia, ballpoint Mont Blanc, keris, gadget, dan barang gratifikasi lainnya.

Salah satu pengunjung asal Wirobrajan, Yogyakarta, Puspita mengakui sengaja mendatangi pameran tersebut untuk melihat secara jelas barang-barang sitaaan KPK, terlebih gitar Metallica yang dilaporkan Jokowi. "Pengin lihat saja, gitar milik Metallica lebih dekat," ujar Puspita.

Selain dipamerkan, sejumlah barang gratifikasi yang disita KPK itu juga akan dilelang. Petugas dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta Matilda Sumartanti menjelaskan, barang sitaan itu akan dilelang melalui 2 cara, yakni lelang secara online atau melalui email serta lelang konvensional.

"Lelang secara konvensional akan dilakukan pada hari Kamis, besok. Ada sekitar 217 barang yang akan dilelang," ujar dia kepada Liputan6.com di Grha Sabha Pramana, Rabu (10/12/2014).

Selanjutnya dia mengungkapkan para pengunjung terlihat tertarik untuk mengetahui apa saja barang hasil gratifikasi yang akan dilelang. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah brosur pengumuman lelang yang telah disebar.

"Wah banyak sekali yang mencari informasi lelang ini. Bahkan, brosur-brosus yang memuat informasi objek yang akan dilelang telah habis," papar dia.

Ketika disinggung mengenai jumlah masyarakat yang sudah mendaftarkan untuk ikut serta pelelangan, ia menyebutkan hingga siang ini baru terdaftar sekitar 32 peserta lelang. "Kalau sekarang ini sebagian besar masih lihat-lihat dulu objek yang dilelang. Kemungkinan jumlah peserta lelang akan bertambah banyak pada hari lelang, Kamis besok," jelas dia.

Merujuk pada brosur pengumuman lelang yang dibagikan, terdapat daftar harga, nilai limit, dan uang jaminan. Dari daftar itu objek lelang yang memiliki harga terendah adalah dompet merk Lucete dengan nilai limit Rp 29.000. Sementara harga termahal adalah paketan gadget Samsung Galaxy Note, tas tangan, dan kain tenun Bali seharga Rp 6.214.000.

Sementara itu, selain menggelar lelang barang hasil gratifikasi, KPK juga menggelar pamerang barang gratifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini