Sukses

Ahok Terima Sumbangan 5 Bus Tingkat dari Tahir Foundation

Lima bus tingkat tersebut akan dioperasikan sebagai angkutan gratis bagi para pengendara sepeda motor mulai 17 Desember 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menerima sumbangan lima unit bus tingkat dari Tahir Foundation. Serah terima bus belangsung di lapangan silang Monas barat daya, Jakarta Pusat, Rabu (10/12/2014).

Rencananya, lima bus tingkat tersebut akan dioperasikan sebagai angkutan gratis bagi para pengendara sepeda motor mulai 17 Desember nanti, setelah Pemprov DKI resmi melarang sepeda motor melintas dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Pantauan ‎liputan6.com, tiba di lokasi acara, Ahok yang berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma usai mengantar Presiden Joko Widodo yang terbang ke Korea Selatan, langsung disambut oleh Ketua Tahir Foundation Dato Sri Tahir dan jajaran pejabat Pemprov DKI Jakarta. Mantan bupati Belitung timur itu pun langsung masuk ke dalam salah satu bus.

Saat masuk ke dalam Bus, Ahok sempat menghindar karena terkejut lantaran kepalanya langsung berbenturan dengan atap bus. "Wah, tinggi (bus) nya sama kayak tinggi saya, Pak," ujar Ahok sambil tertawa ke arah Tahir.

Ahok kemudian mencoba tempat duduk di bagian belakang, sedangkanTahir mengambil posisi tepat di samping Ahok. Keduanya lalu membicarakan spesifikasi bus tingkat bermerk Mercedes Benz itu. "Ini busnya bagus, Pak. Kalau Mercedes sudah pasti jaminan mutu. CCTV-nya juga banyak, Pak," kata Ahok kepada Tahir.

Setelah beberapa menit berada di lantai bawah bus, Ahok kemudian naik tangga menuju lantai atas bus. Setelah itu Ahok langsung menuju kursi kemudi bus. Mantan anggota DPR RI itu pun sempat memutar-mutar setir bus dan memencet klakson bus.

Melihat spesifikasi bus yang dianggapnya mempunyai kualitas jauh lebih bagus dari pada bus-bus produksi Tiongkok yang dimiliki Pemprov DKI selama ini. Ahok mengaku senang dan yakin ‎mampu menarik para pengendara motor dan mobil untuk beralih menggunakan bus tersebut.

"Ya ini baguslah ada bus ini, jadi kami yang lagi di kantor kalau lagi istirahat mau makan ke mall, nggak usah pakai mobil, langsung pakai bus ini saja," ucap Ahok.

Setelah puas melihat-lihat bus, Ahok bersama Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah dan Kepala Dinas Perhubungan M Akbar serta Dato Sri Tahir kemudian melakukan prosesi serah terima. Sebagai tanda telah diserahkannya bus tersebut, Ahok dan Tahir menekan tanda sirine ‎dan kemudian menaiki bus tersebut menuju Balaikota.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, M Akbar mengatakan, 5 bus tersebut akan langsung dioperasikan pada 17 Desember, bertepatan dengan dimulainya larangan sepeda motor melewati jalur Bundaran HI hingga Medan Merdeka Barat.

"Mulai operasi tanggal 17 Desember, dan pengelolaannya akan diserahkan kepada PT Transjakarta. Bus-bus sumbangan ini nanti akan doperasikan bersama lima bus tingkat lainnya yang sudah ada dan dapat menaikkan dan menurunkan penumpang di halte-halte reguler," ucap dia. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini