Sukses

Laporan Senat AS Sebut Interogasi CIA Brutal

Cara interogasi yang dilakukan CIA terhadap tahanan teroris di era Presiden Bush dinilai tidak bekerja dan lebih brutal dari sebelumnya.

Liputan6.com, Washington - Cara interogasi yang dilakukan Dinas Rahasia AS (CIA) terhadap tahanan teroris selama era Presiden George W. Bush dinilai tidak bekerja dan lebih brutal dari sebelumnya. Hal itu terungkap dalam laporan Senat yang dirilis Selasa waktu setempat. Interogasi tersebut, menurut laporan Senat, dikelola dengan buruk dan tidak bisa diandalkan.

Laporan yang dikeluarkan oleh Komite Intelijen Senat itu telah mencerca taktik --yang dicap oleh para kritikus sebagai penyiksaan-- pemerintahan Bush pada hari-hari yang penuh ketakutan setelah serangan teroris 11 September 2001. Teknik itu disebut sangat cacat dan sering menghasilkan informasi yang palsu.

"Berdasarkan pengertian istilah yang umum, tahanan CIA disiksa," kata Ketua Komite Intelijen Senat, Dianne Feinstein, dari Partai Demokrat, saat menyampaikan ringkasan laporan, Selasa 9 Desember.

Dalam rinciannya, laporan itu mengatakan bahwa interogasi para tahanan tingkat atas jauh lebih keras daripada yang sebelumnya telah diakui CIA. Tahanan bernilai tinggi menjadi sasaran metode interogasi seperti waterboarding dan dibuat kurang tidur yang berlangsung tanpa henti selama beberapa hari atau minggu.

"Dalam banyak kasus, teknik yang paling agresif yang digunakan dalam kombinasi dan non-stop adalah dibuat kurang tidur dan memastikan tahanan terjaga hingga 180 jam. Biasanya berdiri atau posisi yang menyakitkan, dengan tangan diborgol di atas kepala mereka," tulis laporan itu seperti dikutip CNN.

Ditelanjangi dan Dirantai

Dalam sebuah fasilitas interogasi, seorang tahanan dikatakan telah meninggal karena hipotermia setelah ditahan setengah telanjang dan dirantai ke lantai beton. Sementara di lain waktu, tahanan telanjang yang berkerudung diseret naik dan turun koridor sambil dinampar dan ditinju.

Beberapa tahanan CIA juga mengalami penderitaan halusinasi, paranoia, insomnia dan mencoba untuk mencincang diri sendiri, kata laporan itu.

Pada satu kesempatan, tahanan bernilai tinggi Al-Qaeda yaitu tersangka Abu Zubaydah menjadi benar-benar tidak responsif setelah periode interogasi waterboarding yang intens.

Laporan ini juga memunculkan kembali perbedaan pandangan atas cara memerangi terorisme yang mendominasi Washington satu dekade lalu. Pihak Demokrat berpendapat taktik yang dilakukan bertentangan dengan nilai-nilai Amerika, sementara anggota terkemuka dari pemerintahan Bush bersikeras bahwa apa yang mereka lakukan penting untuk mencegah serangan lain.

Keamanan Fasilitas AS Diperketat

Sebelumnya, keamanan di fasilitas AS di seluruh dunia ditingkatkan menjelang penerbitan laporan Komite Intelijen Senat itu.

"Kedutaan besar dan perwakilan AS lainnya mengambil tindakan kewaspadaan di tengah sejumlah indikasi akan risiko yang besar," kata seorang juru bicara Gedung Putih seperti dikutip BBC, Senin 9 Desember 2014.

Publikasi laporan itu ditunda meski adanya ketidaksetujuan di Washington tentang apa yang seharusnya dipublikasikan. Namun, keseluruhan laporan setebal 6.000 halaman yang dibuat oleh Komite Intelijen Senat itu tetap bersifat rahasia.

Presiden Barack Obama sendiri telah menghentikan program interogasi CIA ketika ia mulai menjabat pada 2009 dan mengakui bahwa metode yang digunakan untuk menginterogasi tawanan Al-Qaeda termasuk penyiksaan.

Selama masa jabatan Presiden George W Bush, operasi CIA melawan Al-Qaeda, yang dikenal di lingkungan internal sebagai Rendition, Dention and Interrogation, berhasil menangkap dan memenjarakan 100 tersangka teroris di lokasi-lokasi di luar AS. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini