Sukses

Menhan Ryamizard Ryacudu Jadi Warga Kehormatan Marinir

Menhan Ryamizard Ryacudu ditemani mertuanya, Try Sutrisno yang pernah menjabat wakil presiden era Soeharto.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu resmi diangkat menjadi warga kehormatan ke-34 Korps Marinir TNI AL. Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menerima brevet kehormatan Trimedia serta brever Anti-Teror Aspek Laut dari Komandan Korps Marinir (Dankomar) Mayjend TNI Mar Ahmad Faridz Washington, ditemani mertuanya, Try Sutrisno yang pernah menjabat wakil presiden era Soeharto.

"Sangat membanggakan sekaligus terhormat, sebagai wujud kepercayaan kepada saya secara pribadi. Oleh karena itu, dalam lubuk hari, penghargaan yang sangat tinggi di mana masuk sebagai keluarga besar Korps Marinir. Pesan saya kepada para prajurit, tingkatkan keimanan, tingkatkan pelihara jati diti sebagai pejuang bersama rakyat," ujar Ryamizard di Korps Marinir, Cilandak, Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Ryamizard pun tak luput memberikan pesan kepada para TNI agar bisa selalu berhubungan harmonis dengan Polri. Dia berharap bentrokan antara anggota TNI dan Brimob Polri di Batam beberapa waktu lalu tak terulang lagi.

"Tingkatkan prosesional TNI dengan meningkatkan solidaritas dengan sesama anggota TNI termasuk juga dengan anggota Polisi. Terakhir pegang teguh komando tegak lurus yang jelas dan tegas sesuai sapta marga dan sumpah prajurit," imbuh Ryamizard.

Pemberian gelar kehormatan itu diawali dengan aksi tiga penerjun payung. Setibanya di tanah, ketiga penerjun itu membawakan brevet kehormatan Trimedia serta brever Anti Teror Aspek Laut untuk Ryamizard, yang kemudian diberikan oleh Dankonmar Faridz.

Beberapa penerjun juga membawa sejumlah bendera, di antaranya bendera TNI, TNI AL, bendera Marinir, bendera Merah Putih, dan bendera Menteri Pertahanan. Mereka juga membawa foto yang berisikan ucapan selamat kepada Ryamizard.

Dalam acara itu, hadir sejumlah petinggi TNI dan pejabat negara, termasuk Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Tedjo Edhy Purdjianto

Selain Ryamizard, sejumlah nama seperti mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Mantan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo pernah juga pernah diangkat menjadi warga kehormataan Koprs Marinir. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini