Sukses

AS Kembalikan Komandan Senior Militan Taliban Pakistan

Latif Mehsud dilaporkan merupakan komandan tertinggi kedua Taliban Pakistan.

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat sudah menyerahkan seorang komandan senior Taliban, Latif Mehsud, ke Pakistan.

Seperti dilansir BBC, Senin (8/12/2014), militer Amerika Serikat mengukuhkan pihaknya sudah mengalihkan penahanan 3 warga Pakistan namun tidak mengungkap identitasnya.

Mereka dipindahkan dari pangkalan udara Amerika Serikat di Bahgram, Afghanistan, dan pemerintah Kabul tidak terlibat dalam pemindahan tersebut. Pemindahan penahanan pemimpin senior Taliban itu, menurut para wartawan, bukan hal yang biasa.

Walau AS tidak menyebutkan identitas ketiga tahanan, namun para pejabat Pakistan mengatakan Latif Mehsud sudah dibebaskan.

Seorang pejabat Angkatan Udara AS di Afghanistan mengatakan, pemindahan dilakukan setelah perundingan antara AS dan Pakistan. Latif Mehsud merupakan pemegang komando tertinggi kedua setelah Hakimullah Mehsud, yang tewas diserang pesawat tak berawak AS tahun lalu.

Dia ditangkap tentara Afghanistan pada bulan Oktober 2013 di Afghanistan timur, dekat perbatasan dengan Pakistan, dan kemudian ditahan pangkalan udara Bagram.

Pemerintah Pakistan melakukan pembicaraan dengan Taliban Pakistan pada bulan Februari sementara Presiden Afghanistan yang baru, Ashraf Ghani, mengatakan siap untuk mencari jalan keluar yang damai dalam konflik dengan Taliban. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini