Sukses

Presiden Obama Dilarikan ke Rumah Sakit

Obama dibawa ke Walter Reed Medical Center, Washington DC oleh rombongan pengawal presiden.

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dikabarkan dilarikan ke rumah sakit karena mengalami gangguan pada tenggorokannya. Dia dibawa ke Walter Reed Medical Center, Washington DC oleh rombongan pengawal presiden pada Sabtu 6 Desember 2014 waktu setempat.

Menurut dokter kepresidenan, Ronny Jackson, Obama harus menjalani pemeriksaan CT Scan (Tomografi terkomputasi sejenis rontgen) pada tenggorokan.

Hasil tes menunjukkan Obama terkena  Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau dikenal pula sebagai 'acid reflux', yakni penyakit yang terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi si penderita.

"Pak Presiden alami radang, dan akan diberikan penindakan sebagai mana mestinya," ujar Jackson, seperti dimuat Reuters, Minggu (7/12/2014).

Dijelaskan dia,  Obama harus masuk rumah sakit karena gangguan pada tenggorokan tersebut telah menganggu aktivitasnya dalam beberapa hari terakhir.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan pemeriksaan di rumah sakit tersebut berlangsung singkat lantaran jadwal kerja Pak Presiden yang sangat sibuk.

"Pemeriksaan yang dilakukan dengan cepat semata disesuaikan dengan jadwal presiden bukan karena adanya masalah darurat," ungkap Earnest, seperti dikutip dari USA Today.

Belum diketahui penyebab gangguan tenggorokan yang dialami Obama. Menurut Badan Kedokteran AS, biasanya penyakit GERD disebabkan karena merokok, minum alkohol.

Obama sebelumnya mengakui pernah menjadi seorang perokok. Namun ia menegaskan saat ini sudah berhenti. Juni 2014 lalu, dokter Jackson pun mengatakan Presiden ke-44 Negeri Paman Sam itu sudah menjalani hidup sehat dan bebas rokok. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.