Sukses

Jokowi: Kita Tenggelamkan Kapal Asing Biar Kapok Mencuri Ikan

Dalam blusukannya ke Gorontalo, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo blusukan ke pelelangan ikan.

Liputan6.com, Gorontalo - Dalam kunjungannya ke Gorontalo, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyempatkan diri blusukan ke Tempat Pelelangan Ikan atau TPI yang berada di Kelurahan Pohe, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo.

Seperti pantauan Liputan6.com, Sabtu (6/12/2014), dalam blusukan kali ini Jokowi yang didampingi sejumlah kepala daerah di Gorontalo dan menteri kabinetnya, disambut meriah sejumlah pelajar SD se-Kota Gorontalo yang menggunakan setelan pramuka dan membawa bendera merah putih.

Seperti biasa dalam blusukannya, Jokowi dan Iriana menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah nelayan yang ada di Gorontalo. Salah satu hal yang menjadi bahasan dalam dialog adalah masalah kapal asing yang sering mengambil ikan di wilayah Teluk Tomini.

Menanggapi hal tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun berjanji akan membasmi. Bahkan akan menenggelamkan kapal asing yang terbukti mencuri ikan di wilayah perairan NKRI.

"Kemarin kita sudah tenggelamkan 3 kapal, itu biar mereka (nelayan asing) kapok mencuri ikan di Indonesia," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, langkah menenggelamkan kapal asing yang mengambil ikan secara ilegal di perairan Indonesia tidak akan mengganggu hubungan diplomatik antara Indonesia dengan negara terkait.

"Intinya, itu adalah bentuk penegasan bahwa mempertahankan kedaulatan NKRI itu wajib, dan tidak akan mengganggu hubungan kita," pungkas Jokowi. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.