Sukses

Bogor Diguyur Hujan Lebat, Status Katulampa Berpotensi Siaga

Jika hujan di Bogor tak berhenti 2 jam ke depan, maka akan berpotensi membuat status Bendungan Katulampa menjadi Siaga.

Liputan6.com, Bogor - Wilayah Bogor dan sekitarnya sejak sore diguyur hujan dengan intensitas lebat. Namun, kondisi tersebut tidak membuat ketinggian muka air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat meningkat. Hanya saja, jika hujan tak berhenti 2 jam ke depan, maka akan berpotensi membuat status Katulampa menjadi Siaga.

Pantauan Liputan6.com di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur tersebut, ketinggian air saat ini masih di angka 40 cm atau status Normal. Kepala Pengawas Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan ketinggian air sejak kemarin bertahan diangka 40 cm.

"Terakhir sempat di angka 80 cm beberapa hari yang lalu, namun turun menjadi 40 cm atau level normal," ujar dia, Jumat (5/12/2014).

Menurut Andi, pada angka 40 cm tersebut volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung diperkirakan sebanyak 30 ribu liter per detik. Namun demikian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok serta Jakarta untuk terus memantau naik turunnya volume air di Sungai Ciliwung.

"Untuk warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati dan waspada dengan perubahan cuaca yang ekstrim," imbau Andi.

Sementara pantauan di Bendungan Katulampa, cuaca di wilayah Bogor hingga pukul 17.00 WIB masih turun hujan dengan intensitas sedang. Kemudian untuk wilayah puncak turun hujan dengan intensitas ringan. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini