Sukses

3 WNI Korban Tenggelamnya Kapal Oryong Ditemukan

Selain WNI selamat, dari keterangan yang diterima, tim penolong juga sudah menemukan 11 WNI lainnya. Namun, 11 orang itu sudah tak bernyawa.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga Warga Negara Indonesia (WNI) dinyatakan selamat dalam insiden Kapal Oryong 501 yang tenggelam pada 1 Desember lalu di perairan Rusia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, informasi itu diterima baru-baru ini dari KBRI di Seoul dan Moskow. "Kami masih terus berkomunikasi dengan KBRI Seoul dan Moskow. Informasi terkahir yang kami terima 3 WNI selamat," kata Retno di Jakarta, Jumat (5/12/2014).

Selain WNI selamat, dari keterangan yang diterima, tim penolong juga sudah menemukan 11 WNI lainnya. Namun, 11 orang itu sudah tak bernyawa. Retno memastikan upaya pencarian akan terus dilakukan.

Retno mengungkapkan, pencarian korban Kapal Oryong bukanlah perkara mudah. Sebab, dalam operasi tersebut, tim SAR menghadapi kendala cuaca.

"Sejauh ini yang kami lihat, kita mengalami kesulitan karena cuaca sangat tak besahabat," ujar Retno.

Kapal Oryong 501 merupakan kapal penangkap ikan yang berbobot 1.753 ton. Kapal tersebut karam pada 1 Desember lalu di perairan Rusia.

Saat peristiwa itu terjadi, Oryong memuat 60 awak yang terdiri dari 35 WNI, 13 warga Filipina, 11 warga Korea Selatan dan seorang inspektur asal Rusia. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini