Sukses

Longsoran Bukit Hancurkan Rumah Warga di Sleman

Musibah longsor terjadi menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan Dusun Bokoharjo, Desa Gunung Harjo, Prambanan hingga lebih dari 3 jam.

Liputan6.com, Sleman - Kondisi rumah di bawah Perbukitan Prambanan di kawasan Dusun Bokoharjo, Desa Gunung Harjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta rusak setelah tertimpa longsoran bukit.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (5/12/2014), longsor terjadi menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan itu hingga lebih dari 3 jam. Longsoran berupa tanah dan batu langsung menghantam rumah. Akibatnya beberapa perabotan rumah seperti televisi mengalami kerusakan.

Pemilik rumah kini menutupi lubang dinding dengan sebuah terpal dan menunggu perhatian pemerintah daerah setempat.

Sementara sebuah penahan tanah (bangket) setinggi 7 meter dengan lebar 25 meter di Desa Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta jebol sehingga material tanah belasan kubik meluncur deras ke bawah.

Beberapa rumah di sekitarnya juga terkena longsor. Para warga bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan TNI-Polri harus menunggu hujan reda untuk memulai kerja bakti membersihkan material longsoran. Para pemilik rumah sudah diminta mengungsi agar terhidar dari longsoran susulan yang dapat membuat kerusakan lebih parah.

Sedangkan di Purworejo, Jawa Tengah, rumah milik Wahyono rusak akibat tebing longsor. Rumah itu kini dibiarkan pemiliknya. Warga pun tidak berani membersihkan material longsor karena membahayakan.

Tanah longsor yang terjadi di Desa Wonosuko, Kecamatan Kemiri itu membuat warga takut dan cemas. Longsoran selalu datang saat musim hujan, padahal hampir sebagian besar rumah penduduk berada di lereng perbukitan.

Para warga berharap pemerintah dapat segera turun tangan untuk memberi bantuan guna menangani musibah longsor di Purworejo. (Vra/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini