Sukses

Railbus Solo-Wonogiri Peninggalan Jokowi Siap Beroperasi Kembali

Peluncuran kembali railbus Bathara Kresna ini, diharapkan selain berfungsi sebagai transportasi umum, juga dapat menjadi kereta wisata.

Liputan6.com, Solo - Setelah sempat berhenti beroperasi, railbus Bhatara Kresna yang melayani jalur Solo-Wonogiri akan dioperasikan kembali. Diharapkan keberadaan railbus tersebut dapat memenuhi kebutuhan warga di dua daerah tersebut dalam pelayanan transportasi publik.

Executive Vice President PT KAI Daops VI Yogyakarta Sunarjo mengatakan, dalam waktu dekat ini railbus buatan PT Inka Madiun itu akan kembali beroperasi. Hanya saja, ia belum bersedia menyebutkan jadwal pastinya pengoperasian kembali railbus tersebut.

"Untuk‎ memastikan kapan launching-nya, nanti dari pusat yang menentukan. Sedangkan kita di sini hanya bertugas untuk menyiapkan sarana dan prasarananya," kata Sunarjo di sela-sela uji coba railbus jurusan Solo-Wonogiri, Solo, Kamis (4/12/2014).

Sunarjo menjelaskan, untuk persiapan pengoperasian railbus, PT KAI beberapa kali telah melakukan uji coba railbus untuk melintasi jalur rel sepanjang Solo-Wonogiri. Uji coba tersebut dilakukan untuk mengecek dan mengetahui jika ada kekurangan sarana dan prasarana.

"Uji coba ini untuk mengecek kondisi terakhir seperti jalur rel, trek, persinyalan, dan perlintasan. Untuk perlintasan ini akan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah yang dilalui railbus tersebut. Untuk itu diharapkan saat launching nanti sudah siap semuanya," ucap dia.

Keberadaan railbus peninggalan mantan Walikota Solo Jokowi tersebut, dijelaskan Sunarjo, akan berfungsi sebagai angkutan umum massal. Keberadaan railbus tersebut lebih mengarah sebagai angkutan kereta perintis. Maka itu harga tiket nanti dipastikan akan mendapatkan subsidi dari pemerintah.

"Untuk berapa harga tiketnya, saya belum tahu berapa kisarannya. Tetapi untuk kereta perintis nanti dominan dibantu oleh pemerintah," jelas dia.

Setelah diluncurkan kembali railbus Bathara Kresna nanti, Sunarjo berharap, selain berfungsi sebagai angkutan transportasi umum, keberadaan railbus juga dapat menjadi kereta wisata.

"Nantinya pasti seperti itu. Selain melayani warga Wonogiri yang akan naik kereta jarak jauh dari Solo, pastinya setiap weekend akan banyak warga yang berwisata dengan naik railbus ini," pungkas Sunarjo. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini