Sukses

Calo Marak di Pelabuhan Merak, Penumpang Diminta Segera Lapor

Tiga calo sudah diamankan dan ditetapkan menjadi tersangka dengan ancaman pidana 9 bulan penjara.

Liputan6.com, Merak - Maraknya calo di Terminal Terpadu Merak (TTM) telah meresahkan dan merusak kenyamanan penumpang. Setiap penumpang yang akan masuk ke terminal atau yang baru turun dari kapal, langsung diserbu para calo.

Tak hanya menawarkan bus atau tukang ojek, mereka juga kerap menarik dan merebut barang bawaan penumpang. "Belum tahu kita mau ke mana, bawaan kita main angkut aja. Kata-kata calo juga berbau intimidasi ke penumpang," kata seorang penumpang asal Lampung, Ricky Pratama.

Kondisi ini membuat penumpang enggan masuk terminal. Mereka lebih memilih naik bus di depan pintu masuk Pelabuhan Merak lantaran dinilai lebih aman. "Kalau di terminal sering di paksa calo. Lebih baik disini. Selain aman, busnya juga langsung jalan nggak ngetem," lanjut Ricky.

Keberadaan para calo itu sudah diketahui Polsek Pulomerak. Tiga orang sudah diamankan, namun masih banyak yang beroperasi. "Kita akan menertibkan itu. Memang keberadaan calo yang memaksa itu sudah sangat meresahkan," kata Kapolsek Pulomerak Kompol Tidar Wulung di Pelabuhan Merak, Kamis (04/12/2014).

Menurut Tidar, tiga calo yang diamankan sudah ditetapkan menjadi tersangka dan akan dikenakan Pasal 368 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), mengenai tindak pidana pemerasan dengan ancaman pidana 9 bulan penjara.

Tidar mengimbau, pengguna bus segera melapor bila menemukan calo-calo nakal di TTM kepada polisi atau petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang bertugas di terminal.

"Kita akan langsung lakukan tindakan jika memang ada laporan jelas. Tapi kebanyakan penumpang tidak ada yang menindaklanjuti laporannya," tegas Tidar. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini