Sukses

Agenda Jokowi dalam Kunjungan Perdana ke Gorontalo

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Lisma Dunggio mengatakan, jajarannya telah menyiapkan 1.316 polisi untuk mengamankan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Gorontalo - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi rencananya akan mengunjungi Provinsi Gorontalo pada Jumat besok, 5 Desember. Sejumlah agenda akan dilakoni orang nomor satu di Indonesia ini.

Joko Widodo dijadwalkan akan mendarat di Bandara Djalalludin Gorontalo pada pukul 17.00 Wita, menggunakan pesawat khusus kepresidenan.

Tiba di Gorontalo, mantan gubernur DKI Jakarta ini akan melakoni sejumlah kegiatan yakni, menghadiri Silaturahmi Nasional Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia 2014 (Silatnas Masika ICMI 2014) di antaranya Ketua DKPP RI Jimly Asshiddiqie, mantan Presiden BJ Habibie dan bersama sejumlah tokoh lainnya.

Usai menghadiri acara tersebut, Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah proyek APBN di Gorontalo. Seperti proyek pembangunan Gorontalo Outer Ring Road dan PLTU Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara.

Selain itu, Presiden Jokowi juga direncanakan akan mendatangi Kampus Universitas Negeri Gorontalo, dan akan melakukan blusukan di tempat pelelangan ikan. Lalu Jokowi akan kembali ke Jakarta pada Sabtu 7 Desember 2014.

Pengawalan 1.316 Personel Polri

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Lisma Dunggio mengatakan, jajarannya telah menyiapkan 1.316 personel Polri yang akan ditempatkan hampir di seluruh rute dan lokasi yang akan dikunjungi Presiden Jokowi.

"Jadi pengamanan akan kita lakukan dengan 2 sistem yakni pamtup (pengamanan tertutup) yang akan dilakukan oleh polisi berseragam preman, dan pengamanan terbuka, itu personel pakai baju dinas lengkap" ujar Lisma Dunggio kepada Liputan6.com, Rabu (3/12/2014) malam.

Lisma mengatakan, sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres tiba di Gorontalo Rabu kemarin. Mereka mulai melakukan peninjauan lokasi yang akan dikunjungi mantan Walikota Solo tersebut.

Selain itu, 16 anggota dari Satuan Polisi Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas Polda Gorontalo, mulai berlatih membawa sepeda motor patroli yang akan melakukan pengawalan setiap perjalanan Presiden Jokowi.

Dalam latihan ini, 16 personel Polri tersebut berlatih mengemudikan motor gede atau Moge milik Polda Gorontalo, baik dalam medan jalan raya maupun dalam kondisi terjatuh. Latihan ini digelar di Jalan Baypass, Kabupaten Bone Bolango Gorontalo.

Sementara Kasat PJR Polda Gorontalo AKP Rendy menjelaskan, latihan ini digelar untuk mengawal kedatangan Presiden Jokowi selama di Gorontalo.

"Ya, ini buat mengawal presiden, ada 16 personel PJR yang kita turunkan," ujar AKP Rendy kepada Liputan6.com.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi Provinsi Gorontalo pada Jumat 5 Desember 2014. Dalam kunjungan perdananya di Gorontalo, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan melakoni sejumlah kegiatan seperti menghadiri Silatnas Masika ICMI 2014, dan meninjau proyek APBN di Gorontalo. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini