Sukses

Satu-satunya Cara Hancurkan ISIS Menurut Menteri Suriah

Menlu Suriah Walid al-Moualem menilai pasukan koalisi AS telah gagal melenyapkan ISIS di Irak dan Suriah.

Liputan6.com, Damaskus - Terhitung sudah 2 bulan, Amerika Serikat (AS) dan negara sekutu, Inggris, Prancis, Arab Saudi, dan Australia melancarkan serangan udara ke kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Namun demikian, gempuran besar-besaran tersebut belum berhasil memukul menghancurkan eksistensi ISIS.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Suriah Walid al-Moualem menilai pasukan koalisi AS telah gagal melenyapkan ISIS di Irak dan Suriah. Menurut dia, hanya ada satu cara untuk menghancurkan kelompok tersebut, yakni dengan memperketat perbatasan ke Irak atau Suriah demi mencegah warga asing bergabung ke barisan ISIS.

Kata dia, Turki menjadi negara kunci untuk mewujudkan upaya pengetatan perbatasan. Sebab negara tersebut merupakan perbatasan Irak dan Suriah yang diyakini sebagai akses bagi warga asing yang bergabung ke ISIS. Turki merupakan negara penghubung Eropa dan Timur Tengah.

"Sudah terlihat ISIS tidak melemah, meski sudah diserang oleh pasukan udara," ujar Walid, seperti dimuat BBC, Sabtu (29/11/2014).

"Jika Dewan Keamanan PBB dan Washington tidak mendesak Turki untuk memperketat perbatasan, maka upaya apa pun tidak akan berhasil untuk menghancurkan ISIS," imbuh dia.

Turki sebelumnya disebut membantu warga asing untuk masuk ke pusara kelompok ISIS. Pemerintah Turki sebelumnya berkali-kali membantah bahwa pihaknya membantu ISIS.

ISIS merupakan kelompok bersenjata yang bertujuan untuk mendirikan Kekhalifahan Islam secara pihak di seluruh dunia. Demi mencapai targetnya, kelompok ini menggunakan cara kekerasan yang didasari paham radikal.

AS dan sekutu terus berusaha melemahkan eksistensi  ISIS di Timur Tengah. Serangan udara terbaru dilaporkan telah membunuh belasan anggota kelompok radikal itu di Mosul, Irak.

Presiden AS Barack Obama menyetujui penambahan sebanyak 1.500 tentara ke Irak dalam upaya menghadapi kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Sebelumnya, Obama telah menerjunkan 1.600 tentara. Dengan penambahan pasukan terbaru ini, jumlah prajurit AS yang ditugaskan di Irak telah mencapai 3.100 orang.

Obama baru-baru ini juga meminta Kongres Amerika Serikat untuk menyetujui pengucuran dana sebesar US$ 3,2 miliar atau sekitar Rp 39 triliun untuk memerangi ISIS di tanah Irak dan Suriah. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.