Sukses

Jurus Jokowi Atasi Pendangkalan Waduk

Jokowi mengatakan, masalah pendangkalan waduk bukan diselesaikan dengan pengerukan.

Liputan6.com, Wonogiri - Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Wonogiri. Presiden ke-7 RI dan Ibu Negara Iriana menanam pohon di bagian hulu kawasan Wonogiri. Jokowi menanam pohon jati dan Iriana menanam pohon durian.

Jokowi mengatakan, masalah pendangkalan waduk bukan diselesaikan dengan pengerukan, melainkan melalui gerakan menanam pohon di bagian hulu.

"Satu tahun endapan sedimen lumpur yang berasal dari atas ke Waduk Gajah Mungkur 6 juta kubik per tahun. Bayangkan banyak sekali. Setiap tahun dikeruk. Tidak akan selesai," kata Jokowi di Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (29/11/2014).

Di hadapan sekitar 2.000 undangan yang hadir dalam acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Indonesia (BMN) 2014, Jokowi berharap, sudah tidak ada lagi kegiatan mengeruk waduk untuk mengatasi sedimentasi pada tahun depan.

"Harusnya tahun depan sudah tidak ada lagi kegiatan mengeruk waduk. Uangnya untuk menanam yang di atas. Setiap tahun mengeluarkan uang terus untuk mengeruk itu namanya mroyek," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jokowi menjelaskan, solusi penanaman daerah hulu untuk mencegah sedimentasi tidak hanya berlaku untuk Waduk Gajah Mungkur namun seluruh waduk di Indonesia. "Solusi itu. Kalau kita tidak ingin waduk kita habis kapasitasnya," kata dia.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengemukakan target pemerintah untuk membangun 49 waduk agar mencapai swasembada pangan dalam 3 tahun. Ia menuturkan bagaimana Indonesia harus berhenti melakukan impor bahan pangan pokok.

"Saya bertemu Presiden Vietnam, ditanya Presiden Jokowi masih butuh beras tidak? Saya diomongin begitu saya malu," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Seusai memberikan sambutan di acara HMPI dan BMN, Jokowi kemudian melakukan peninjauan ke Waduk Gajah Mungkur. Peringatan HMPI dan BMN tahun ini yang mengusung tema "Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan" itu dihadiri oleh para pejabat pemerintahan dan duta besar negara sahabat.

Dalam acara tersebut, Jokowi juga menyerahkan penghargaan kepada gubernur, bupati, dan walikota pemenang lomba penanaman Satu Miliar Pohon 2013 tingkat nasional dan gubernur juara umum pemenang lomba Wana Lestari 2014. (Ant/Riz/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Wonogiri

Video Terkini