Sukses

Jokowi Segera Teken PP untuk Ahok Bisa Pilih Wagub DKI

Dengan PP itu, Gubernur DKI Jakarta Ahok memiliki landasan hukum yang kuat dalam memilih pendampingnya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan Peraturan Pemerintah (PP) turunan dari Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) No. 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota,  untuk pengisian posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta akan segera ditandatangani Presiden Jokowi.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemdagri, Djohermansyah Johan mengatakan, penyusunan verbal PP itu telah rampung. Saat ini, draft tersebut sudah ada di tangan Presiden Jokowi.

"Bila tak ada aral melintang, PP-nya sudah ada. Rencananya hari ini ditandatangani Presiden," kata Djohermansyah di Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Dengan ditandatanganinya PP tersebut, maka Kemendagri bisa merekomendasikan mekanisme pemilihan atau pengisian jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sehingga, jelas dia, Gubernur DKI Jakarta memiliki landasan hukum yang kuat dalam memilih pendampingnya sendiri dan tidak ada keraguan sedikit pun dari pihak DPRD untuk menerima rekomendasi tersebut karena sudah ada PP.

Namun, Djohermansyah mengaku belum mengetahui secara garis besar dari isi PP tersebut. "Nanti kalau sudah diterbitkan maka akan langsung dipublished di website Kemendagri," jelas dia.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta masih berpegang teguh pada aturan UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Karena Basuki dipilih berdasarkan UU tersebut. Artinya pemilihan wakil gubernur tetap berdasarkan mekanisme pengusulan calon dari partai politik yang menang dalam Pemilukada DKI 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Cawagub DKI

Video Terkini