Sukses

USGS: Gempa Halmahera Berkuatan 7 SR

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan BMKG. Pacific Tsunami Warning Center juga menyebut, tak ada potensi tsunami di Pasifik.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan kekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Halmahera, Maluku Utara pada pukul 21.33 Waktu Indonesia Barat.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika  (BMKG) menyebut, pusat gempa berada pada koordinat 1.99 LU - 126.5  BT, di kedalaman 10 km barat laut Halmahera Barat, Maluku Utara.

Sementara, seperti dikabarkan CNN, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, lindu Rabu malam berkekuatan 7,0 SR.

Data USGS menyebut, gempa terjadi di laut di antara Pulau Sulawesi dan Maluku di kedalaman 65 km.

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan BMKG. Pacific Tsunami Warning Center juga menyebut, tak ada potensi tsunami di Pasifik.

Sementara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gempa pertama dirasakan cukup keras sekitar lima detik.

"Masyarakat sekitar mengalami sedikit kepanikan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Halmahera