Sukses

Sweeping Buruh Tuntut Kenaikan Upah Minimum

Ribuan buruh yang tergabung dalam berbagai organisasi buruh melakukan konvoi dengan menggunakan sepeda motor di Jalan Raya Curug, Serang.

Liputan6.com, Serang - Ribuan buruh yang tergabung dalam berbagai organisasi buruh melakukan konvoi dengan menggunakan sepeda motor di Jalan Raya Curug menuju lokasi unjuk rasa di Simpang Tiga dan pintu tol Bitung, Kabupaten Tangerang, Banten, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (25/11/2014), akibatnya jalur lalu lintas dari dan menuju Bitung lumpuh total, bahkan kemacetan mencapai puluhan kilometer.

Kendaraan sama sekali tidak bisa bergerak karena buruh memblokade Jalan Simpang Tiga Bitung yang menghubungkan Jalan Raya Curug dengan Jalan Raya Serang menuju pintu Tol Bitung. Mereka menuntut kenaikan upah sebesar Rp 3,2 juta.

Aksi buruh dengan memblokade akses masuk jalan tol itu telah mengganggu kenyamanan. Sebab, selain memblokade akses masuk jalan tol di Serang, para buruh juga mendatangi pabrik-pabrik dan mengajak buruh yang sedang bekerja ikut berunjukrasa. Aksi sweeping buruh terhadap rekannya yang bekerja di pabrik dihadang oleh polisi dan petugas keamanan pabrik.

Para buruh berunjuk rasa untuk mennuntut Pemerintah Kabupaten Serang segera menaikan upah buruh sebesar Rp 3,2 juta dari Rp 2,3 juta. Aksi itu dilakukan di seputar kawasan Pabrik Cikande. Para buruh mengancam akan kembali berunjuk rasa jika tuntutannya tidak dipenuhi. (Vir/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.