Sukses

Katulampa Siaga IV, Warga Jakarta Diminta Waspada

Ketinggian permukaan air diperkirakan masih akan naik, sebab kondisi cuaca di wilayah Puncak Bogor hujan merata.

Liputan6.com, Bogor - Tinggu muka air (TMA) sungai Ciliwung di Bendung Katulampa naik hingga 80 centimeter atau Siaga IV. Ketinggian permukaan air diperkirakan masih akan naik, sebab kondisi cuaca di wilayah Puncak Bogor hujan merata.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, ketinggian muka air terpantau 80 centimeter atau Siaga IV Banjir Jakarta dengan debit air sekitar 90.046 liter per detik. ‎Air naik drastis sekitar pukul 16.00 WIB.

Sejak Selasa (25/11/2014) pagi, lanjut Andi, ketinggian muka air Ciliwung terpantau masih diangka 30 centimeter atau masih di bawah normal (50 cm). Ketinggian air naik sepuluh centimeter saat hujan sekitar pukul 14.00 WIB. "Baru saja air datang, terpantau 80 centimeter," kata Andi.
 
Andi menjelaskan, cuaca di hulu, Cisarua-Puncak saat ini masih terpantau hujan dengan intensitas deras sedangkan di Kota Bogor hujan dengan intensitas ringan.

"Sementara di Pos Pengendalian, Panus, Depok terpantau 110 centimeter atau masih normal (125 cm)," kata Andi.

Untuk itu, jelas Andi, baik warga di bantaran dan di hilir Ciliwung tetap waspada mengingat air Ciliwung diperkirakan sampai Jakarta sekitar 10 hingga 12 jam kemudian.

Hingga Selasa sore, di Kota Bogor masih terpantau hujan dengan intensitas ringan sejak pukul 14.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini