Sukses

Sambut Blusukan Presiden Jokowi, Pekanbaru Siaga I

Sebanyak 3.500 personel gabungan TNI dan Polri siap mengamankan kunjungan Presiden Jokowi di Pekanbaru, Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan menyambangi Pekanbaru, Kepulauan Riau hari ini. Menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini, TNI AD dan Polda Pekanbaru di Bumi Lancang Kuning menyatakan kondisi Siaga I.

Berbagai langkah antisipasi supaya tidak terjadi penolakan kunjungan Politisi PDI Perjuangan itu sudah dilakukan, termasuk mengimbau mahasiswa agar tidak berunjuk rasa menolak kedangan Jokowi.

"Biarkan dulu beliau bekerja, namun jika masih ada yang mau berdemo, jangan kan bisa masuk Ring I, Ring III pun jangan harap bisa dilewati," kata Danrem 031/WB Brigjend TNI Prihadi Agus Irianto, Pekanbaru, Kepulauan Riau, Selasa (25/11/2014).

Prihadi mengatakan, jika pun ada masyarakat atau mahasiswa yang ingin berdemo, haruslah meminta izin terlebih dulu dari pihak keamanan. Jika izin tersebut tidak dikantongi, maka pengunjuk rasa akan dibubarkan secara paksa.

"Yang jelas demo itu kan ada izinya, yang ngeluarkan dari kepolisian. Tapi sebenarnya bukan masalah boleh tak boleh, kasihlah kesempatan kepada presiden bekerja, demi kepentingan kita bersama dengan cara mereka masing-masing," imbau dia.

3.500 Personel Pengamanan

Dalam pengamanan ini, Prihadi menjelaskan, sebanyak 3.500 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan kunjungan Presiden Jokowi. Pengamanan ini terbagi di beberapa titik yang menjadi lokasi kunjungan Jokowi beserta rombongan.

"Pengamanan tidak hanya di Pekanbaru dan Meranti. Tetapi seluruh Riau, terutama kawasan yang bakal dilalui nanti maupun tidak," terang dia.

Menurut Prihadi, pengamanan akan dilakukan dengan sistem buka tutup. Namun pihaknya masih mengkaji terkait pesawat kepresidenan bisa mendarat dengan aman atau tidak.

Untuk pengamanan, lanjut Prihadi, TNI dan Polri tetap mengacu pengamanan prosedur dan ketetapan yang sudah disusun protokoler kepresedinan. Ring I sepenuhnya diserahkan ke Paspampres. Sedangkan Ring II dan III pengamanan menjadi tanggung jawab Korem dan Polda Riau.

"Prinsipnya kita saling berkoordinasi satu sama lainya. Kalau untuk Ring I tetap sepenuhnya diambil alih Paspampres," kata dia.

Sementara pantauan Liputan6.com, sebagai kesiapan kedatangan Presiden Jokowi, ribuan personel TNI dan Polda Riau menggelar apel persiapan di Lapangan Udara Roesmin Nurjadi Pekanbaru.

Jokowi dikabarkan mendarat di Bandara Sutan Syarif Kasim II Pekanbaru, sekitar pukul 12.00 WIB besok. Setelah itu, Pesawat Kepresidenan RI langsung menuju Lanud Roesmin.

Di Pekanbaru, Presiden Jokowi akan blusukan ke Pasar Bawah, Jalan Ahmad Yani. Setelah itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan naik helikopter menuju Kabupaten Kepulauan Meranti meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi dijadwalkan akan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil.

Dalam blusukan tersebut, Presiden Jokowi dan rombongan memilih jalur darat melalui Pelabuhan Merak sekaligus menunjungi pelabuhan tersebut. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini