Sukses

Kemlu Sudah Sampaikan Masalah Pencari Suaka ke Dubes Australia

Walau memastikan Dubes Australia Moriarty sudah memenuhi panggilan, Kemlu tak memberikan detail lengkap kapan kedatangannya.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memastikan bahwa pihaknya telah memanggil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty. Pemanggilan tersebut ditujukkan untuk menyampaikan keberatan, atas kebijakan pencari suaka yang dikeluarkan Negeri Kanguru.

"Terhadap kebijakan Australia tersebut, seperti yang disampaikan ibu menlu kita sampaikan ke mereka," sebut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene di kantor Kemlu, Selasa (25/11/2014).

Walau memastikan Dubes Moriarty sudah memenuhi panggilan, Tene tidak memberikan detail lengkap kapan kepala perwakilan pemerintah Australia itu datang ke kantor Kemlu.

Ia hanya menyebut keberatan tersebut akan direspons pemerintah Australia. Meski tidak dipastikan kapan mereka akan menjawab keberatan dari pemerintah itu.

"Pihak kedutaan besar (Australia) akan menyampaikan (keberatan ini) ke perwakilan pemerintahnya," sambung dia.

Sepekan lalu, Otoritas Australia melalui Menteri Imigrasi, Scott Morrison mengeluarkan kebijakan pencari suaka baru yang kontroversial. Mereka menyatakan menutup pintu atau dalam kata lain mengusir semua pencari suaka apapun alasannya yang transit di Tanah Air dari negaranya.

Kebijakan itu dinilai sangat tidak adil. Sebab, pemerintah Indonesia meminta masalah pencari suaka penyelesaiannya harus merangkul tiga pihak, yaitu negara asal, transit dan tujuan. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini