Sukses

Tertutup Awan, Lapan Kesulitan Potret Pulau Kecil dan Terdepan

Pulau kecil ini luasnya rata-rata kurang dari 2.000 km2, sehingga saat awan tebal menutupi, pulau tidak bisa tampak dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau. Namun banyak dari pulau-pulau itu terlantar, tidak mendapat perhatian pemerintah. Terutama pulau-pulau kecil dan terdepan.

Menyadari potensi yang ada di wilayah terdepan nusantara itu, pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla bertekad untuk menghidupkan dan mengembangkan pulau-pulau kecil tersebut.

Tapi pemerintah harus bersabar. Karena data geografis yang dibutuhkan belum tersedia seluruhnya. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebut, pihaknya masih kesulitan memotret 92 pulau kecil dan terdepan Indonesia.

"92 pulau belum semua. Kalau data yang lalu sudah ada tapi update-nya belum sama sekali," kata Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan, Orbita Roswintiarti di Kantor Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Pekayon, Jakarta Timur, Selasa (25/11/2014).

Kendala utama Lapan mendapatkan data itu adalah awan. Pencitraan yang dilakukan Lapan sangat bergantung pada kondisi awan yang ada di sekitar wilayah tersebut. Selain itu, pulau kecil ini luasnya rata-rata kurang dari 2.000 km2, sehingga saat awan tebal menutupi, pulau tidak bisa tampak dengan baik.

"Ini kan data optis. Tidak tembus awan. Kendala utamanya awan. Ketika datanya 70% tertutup awan tidak bisa kita terima. Indonesia kan iklimnya tropis walaupun musim panas tetap awan ada. Masalahnya ada daerah awan abadi seperti Kalimantan, Papua, yang sudah jepret beberapa kali masih tetap tertutup awan," ungkap Orbita.

Guna mengatasi hal ini, Lapan antara lain bekerja sama dengan kementerian terkait seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sebab, KKP ingin mendapatkan data spesifik sampai potensi dan posisi sumber daya seperti karang dan hutan mangrove. KKP dalam hal ini membantu Lapan memvalidasi data citra yang didapat Lapan.

"Salah satu solusinya ada data radar yang bisa tembus awan. Kita terus bekerja sama dengan Jepang dengan Eropa agar dapat membeli data radar. Belum lagi soal antena yang ada live time-nya. Teknologi terus bergulir dan semoga ke depan Bappenas dan Kementerian Keuangan melihat ini sehingga anggarannya juga disiapkan," tutup Orbita. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini