Sukses

Jokowi Cek Kesiapan Pelabuhan Merak Bertahan Hingga 100 Tahun

Presiden Jokowi kemudian menyebrang ke Lampung menggunakan Kapal Port Link III ditemani tiga menterinya dan pejabat Banten dan Lampung.

Liputan6.com, Cilegon - Presiden Joko Widodo atau Jokowi blusukan ke Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Kedatangan Jokowi ke pelabuhan ini dalam rangka meninjau dan mempersiapkan pembangunan Pelabuhan Merak agar dapat melayani penumpang lebih baik dan mampu bertahan hingga 100 tahun ke depan.

"Kita pengin lihat masalah-masalah dan solusi serta kondisi yang kira-kira pengembangan 50 tahun ke depan seperti apa, 100 tahun ke depan seperti apa, ini yang harus dipikirkan," kata Presiden Jokowi di Pelabuhan Merak, Selasa (25/11/2014).

Jokowi tiba di Pelabuhan Merak pukul 08.52 WIB didampingi sang istri, Iriana. Jokowi datang menggunakan kemeja putih dan celana panjang hitam. Sedangkan Ibu Negara mengenakan batik merah bata yang dipermanis syal hijau dan celana panjang hitam.

"Jangan sampai karena aktifitas di pelabuhan ini manajemennya tidak baik, itu mempengaruhi manajemen distribusi logistik dari Jawa maupun ke Sumatera. Itu yang tidak boleh," tegas Jokowi.

Dalam blusukannya, Jokowi meninjau pelayanan ticketing dan gang way, jembatan yang menghubungkan antara pelabuhan menuju kapal. Selama perjalanan di atas gang way, Jokowi mendapatkan penjelasan mengenai Pelabuhan Merak dari Dirut ASDP Danang Baskoro.

Presiden Jokowi kemudian menyebrang ke Lampung menggunakan Kapal Port Link III ditemani 3 menterinya dan petinggi Tanah Jawara, yaitu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Negara BUMN Rini M Soemarno, menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono, Pelaksana Tugas Gubernur Banten Rano Karno, Kapolda Banten Brigjen Pol M Zulkarnaen, Ketua DPRD Banten Asep Rakhmatullah, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, dan Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi.

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan Pelabuhan Merak harus segera dilakukan demi kenyamanan para penumpang. "Karena apapun, ini gerbangnya Jawa ke Sumatera, Sumatera ke Jawa," tegas Jokowi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini