Sukses

Blusukan ke Sumatera, Jokowi Keliling Lampung Hingga Riau

Presiden Jokowi bakal berkunjung selama 2 hari ke Tanah Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bakal berkunjung selama 2 hari ke Tanah Sumatera. Di sana dia bakal menginjak Lampung, Bengkulu, dan Riau.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, Presiden Jokowi dan rombongan akan menempuh perjalanan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Merak Banten menuju Lampung. Tujuan pendaratan adalah Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Selasa (25/11/2014), dari pelabuhan Jokowi akan bertolak ke PLTU Tarahan melalui Jalan Lintas Sumatera, sekaligus untuk melihat langsung sarana dan prasarana di jalur tersebut. Selanjutnya, pada pukul 11.35-11.45 WIB, Jokowi dan rombongan bakal bertolak ke PT Bukit Asam dan berlanjut ke Pelabuhan Panjang.

Lalu pada pukul 13.55-14.45 WIB, rombongan akan bertolak ke sentra pertanian Trimurjo, Lampung Tengah.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Bandara Raden Inten II di Lampung Selatan untuk mendengarkan paparan soal kondisi bandara akan menyambut Jokowi.

Dari Lampung, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Bengkulu dan beristirahat di sana. Pada Rabu 26 November 2014, ayah 3 anak itu dijadwalkan akan meninjau Pantai Malabero.

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kantor POS Bengkulu. Serta meninjau pasar tradisional di Pasar Minggu dan Pasar Panorama.

Naik Helikopter

Dari Bengkulu, Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan ke Riau dengan helikopter. Dari Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Noerjadin, Pekanbaru, Riau, dia akan melanjutkan perjalanan menuju Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Selama penerbangan tersebut, Jokowi akan melintasi Taman Nasional Tesso Nilo. Di tempat itu, Presiden akan berdialog dengan warga di Meranti.

Dan dalam penerbangan  pulang kembali ke Pekanbaru, suami Iriana itu akan memantau lewat udara di atas kawasan Cagar Biosfer Giam Siak.

Di Pekanbaru, Jokowi dijadwalkan blusukan ke Pasar Bawah, yakni pasar wisata berbelanja andalan masyarakat di Riau. Selain itu, dia juga dijadwalkan akan menghadiri Deklarasi Pencegahan Kebakaran Hutan, dan Deklarasi Taman Nasional Jamrud. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi