Sukses

Ahok Umumkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Jumat

Ahok mengaku sudah mengantongi nama yang akan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Bogor - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku sudah memiliki nama yang akan dipilihnya menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Namun, dia masih enggan menyebut nama sosok calon pendampingnya itu.

"Saya sudah punya, nanti dong. Rahasia," ujar Ahok usai mengikuti pertemuan gubernur seluruh Indonesia dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/112014).

Ahok mengatakan, kemungkinan nama wagub itu akan disampaikannya pada pekan ini. "Saya rasa Jumat ini. Saya sudah punya. Sudah tahu semua kok orang-orang," kata dia.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) tentang Kepala Daerah, untuk memilih wakil gubernur, Ahok harus menunggu diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Karena di dalam Perppu itu mengatakan, pengisian wakil gubernur atau wakil bupati menunggu peraturan pemerintah, dan itu 15 hari (setelah pelantikan). Kita bisa ngisi dari Parpol, PNS, atau profesional. Nanti saja. Pokoknya sudah ada nama. Kita lihat saja," pungkas Ahok.

Ahok mengaku baru akan mengirim surat ke Kemendagri terkait posisi Wagub DKI pada Selasa, 25 November 2014. "Aku mah cari jodoh (wakil gubernur) gampang saja. Selasa saya tulis surat ke Kemendagri," kata Ahok di kawasan TMII, Jakarta Timur, Sabtu 22 November 2014.

Kandidat kuat yang sering disebutkan Ahok yakni Sarwo Handayani. Wanita yang akrab disapa Bu Yani itu kini menjabat sebagai Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan.

Ahok begitu menginginkan Yani mendampingi dirinya memimpin Jakarta 3 tahun ke depan. Ahok menilai, kemungkinan PNS mencapai titik puncak karier sebagai wakil gubernur sangat terbuka. (Mvi/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini