Sukses

Lukisan Karya Hitler Terjual Hampir Rp 2 Miliar

Para ahli umumnya menganggap karya Hitler yang dilelang tersebut kurang berkualitas.

Liputan6.com, Nuremberg - Sebuah lukisan cat air karya Adolf Hitler sewaktu masih muda terjual dalam sebuah lelang di Jerman.

Pihak rumah lelang Weidler di Kota Nuremberg, Jerman menyatakan, lukisan tersebut dibeli seharga US$ 161,000 atau hampir Rp 2 miliar oleh seorang dari Timur Tengah yang tidak ingin diungkap identitasnya.

Pihak dari rumah lelang mengatakan, lukisan pemimpin Nazi saat masih muda itu diminati penawar dari 4 benua.

"Para penjual akan menyumbangkan 10% dari hasil penjualan untuk amal yang membantu anak-anak berkebutuhan khusus," ujar Direktur rumah lelang Kathrin Weidler seperti yang dikutip dari BBC, Minggu (23/11/2014).

Meski demikian, para ahli umumnya menganggap karya Hitler kurang berkualitas.

Dua perempuan bersaudara menjual lukisan bergambar balaikota Munich yang diperkirakan dilukis pada 1914. Kakek mereka membeli lukisan itu pada 1916.

Penjualan lukisan Hitler terdahulu menimbulkan kontroversi, dan dikritik oleh beberapa kerabat korban Holocaust.

Ketika masih muda, Hitler berusaha menjadi seniman dan ingin menuntut ilmu di Vienna Academy of Fine Arts, namun ia ditolak. Dia kemudian menjadi pemimpin militer dan politik Jerman pada 1933-1945, memicu Perang Dunia II, dan menyebabkan kematian jutaan orang, termasuk enam juta orang Yahudi.

Sejarah mencatat, pada 30 April 1945, Adolf Hitler dan kekasihnya, Eva Braun, bunuh diri bersama di sebuah bunker di Reichskanzlei -- kantor Kanselir Jerman. Eva menelan kapsul sianida, Hitler menembak kepalanya. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini