Sukses

Mantan PM Portugal Ditangkap Terkait Kasus Korupsi

Mantan PM Portugal Jose Socrates ditangkap dengan 3 tersangka lainnnya atas dugaan penggelapan pajak, korupsi, dan pencucian uang.

Liputan6.com, Lisabon - Mantan Perdana Menteri (PM) Portugal Jose Socrates ditangkap aparat kepolisian terkait kasus korupsi yang diduga melibatkan dirinya.

Socrates yang memimpin Portugal pada masa jabatan 2005-2011 itu ditangkap di Bandara Lisbon Portela saat baru tiba dari penerbangan luar negeri.

Kejaksaan Agung (Kejagung) Portugal mengatakan Socrates ditangkap dengan 3 tersangka lainnnya atas dugaan penggelapan pajak, korupsi, dan pencucian uang.

"Socrates akan diperiksa dalam rangka penyelidikan atas dugaan aliran uang mencurigakan," demikian ujar Kejagung Portugal, seperti dimuat Reuters, Minggu (23/11/2014).

Socrates mengundurkan diri dari perdana menteri pada 2011, saat ia menjalani masa jabatan kedua sebagai kepala pemerintahan Portugal.

Ketika itu, Portugal tengah dilanda krisis keuangan yang memaksa Socrates untuk meminta dana talangan hingga berujung penghematan superkencang.

Selama menjabat perdana menteri, Socrates beberapa kali menjalani pemeriksaan atas dugaan korupsi. Sebelumnya ia dituding menyalahgunakan posisinya saat menjadi =menteri lingkungan pada 2002. Namun ia membantah tuduhan itu.

Selain Socrates, Menteri Dalam Negeri Miguel Macedo baru-baru mengundurkan diri setelah dinyatakan diduga terlibat kasus korupsi izin pendirian bangunan di Portugal. (Riz/Nan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Portugal ialah sebuah negara di barat daya Eropa
    Portugal ialah sebuah negara di barat daya Eropa

    Portugal

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi