Sukses

5 Fakta dalam Kunjungan Jokowi ke Singapura

Lampu kamera tak henti berkedip menyorot sosok kurus berbatik tersebut. Jokowi pun tak henti menebar pesonanya.

Liputan6.com, Jakarta - Bersama sang istri, Iriana, Jokowi menginjakkan kakinya di Singapura pada Jumat malam 21 November 2014. Sama seperti di Tanah Air, kehadiran pemilik nama Joko Widodo itu di Negeri Merlion itu juga disambut hangat warga setempat.

Jokowi sukses menjadi bintang di acara wisuda putra bungsunya, Kaesang Pangarep yang baru saja lulus dari Anglo-Chinese School (ACS), Singapura. Lampu kamera tak henti berkedip menyorot sosok kurus berbatik tersebut.

Cuma semalam Jokowi tinggal di Singapura. Esok paginya dia sudah bertolak kembali ke Tanah Air.

Namun singgahnya Jokowi yang kurang dari 24 jam di Singapura itu memiliki banyak cerita. Mulai dari ber-selfie bersama teman-teman Kaesang hingga sarapan bersama PM Singapura Lee Hsien Loong.

Juga ada cerita tentang Jokowi yang mendapatkan fasilitas mobil mewah selama berada di negeri jiran tersebut. Berikut ceritanya yang Liputan6.com rangkum, Minggu (23/11/2014):

Selanjutnya: Pakai Uang Sendiri...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pakai Uang Sendiri

1. Pakai Uang Sendiri

Jokowi tak menggunakan pesawat kepresidenan dalam keberangkatannya ke Singapura pada Jumat malam 21 November 2104. Apalagi tak banyak rombongan yang ikut bersamanya.

Karena itu dia memilih membeli tiket pesawat kelas ekonomi. Jokowi juga meminta pemerintah Singapura tak menggelar penyambutan kenegaraan dalam kunjungannya yang hanya 1 malam.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menggunakan kocek sendiri untuk membiayai perjalanannya kali ini.

"Itu keluar (biaya) dari Pak Jokowi sendiri, karena urusan keluarga," kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Kamis 20 November 2014.

Namun untuk biaya pengawalan dan protokoler, lain lagi. Ongkosnya dibiayai oleh negara.

"Itu dari negara. Hak protokoler dan pengamanan yang melekat ke Presiden menjadi tanggung jawab Sekretariat Presiden. Tapi Pak Jokowi sendiri, Ibu, anak, karena urusan pribadi jadi tidak didanai dari dana operasional Sekretariat Presiden," ujar dia.

Selanjutnya: Minim Pengamanan...

3 dari 6 halaman

Minim Pengamanan

2. Minim Pengamanan

Pengawalan Jokowi selama berada di Singapura terbilang tak ketat. Meski sang Presiden tengah berada jauh dari Tanah Air. Tak ada pula menteri yang ikut dalam rombongan.

Hanya ada Jokowi, Iriana Jokowi, sejumlah Paspampres, dan protokoler.

"Acara pribadi. Jadi para menteri tidak ada yang ikut. Yang ikut protokoler dan pengamanan kecil, hanya ajudan dan Paspampres, itu saja," ujar Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

"Didampingi hanya 7 protokoler keamanan, ini hak protokoler pengamanan yang melekat 24 jam ke Pak Jokowi sebagai Presiden," imbuh dia.

Selanjutnya: Jadi Rebutan...

4 dari 6 halaman

Jadi Rebutan

3. Jadi Rebutan

Siapa sangka anak-anak muda di sekolah bertaraf internasional itu tiba-tiba ramai melihat sosok Jokowi. Seperti di Indonesia saja.

Mereka bahkan tak malu-malu mengajak ayah 3 anak itu untuk berpose selfie bersama. Iriana dan Kaesang tak mau ketinggalan ikut eksis.

Sementara Jokowi dengan sigap mengangkat tangannya. Dan jepret... 1 kali, 2 kali, dan seterusnya, entah berapa banyak hasil jepretan mantan pengusaha mebel tersebut.

Selanjutnya: Sarapan Bersama PM Singapura...

5 dari 6 halaman

Sarapan Bersama PM Singapura

4. Sarapan Bersama PM Singapura

Sebelum bertolak ke Tanah Air pada Sabtu 22 November 2104, Jokowi sekeluarga diajak sarapan pagi bersama Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong dan istri Ho Ching.

Mereka makan nasi lemak terkenal di Singapura pagi itu. "Kami makan nasi lemak selera rasa dari Adam Road dan roti prata di Madras New Woodlands," pamer PM Lee Hsien Loong lewat posting-an foto yang diunggah ke akun Facebook-nya.

Dalam foto nampak Iriana memakai kemeja berwarna pastel dan scarf motif bunga. Sementara Jokowi masih setia dengan batik cokelatnya. Sedangkan Lee dan istri juga tak mau kalah ikut berbatik.

Selanjutnya: Sedan Mewah Audi A8...

6 dari 6 halaman

Sedan Mewah Audi A8

5. Sedan Mewah Audi A8

Meski tak diminta, Pemerintah Singapura tetap memberikan perlakuan selayaknya kepada Jokowi. Sebuah sedan mewah disediakan untuk keperluan transportasi sang Presiden.

Adalah mobil Audi A8 dengan pelat nomor S-1 (State Guest 1) yang dipinjamkan kepada Jokowi dan keluarga. Mobil sedan itu yang membawa pasangan Jokowi-Iriana dari Bandara Changi untuk menghadiri wisuda Kaesang. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini