Sukses

Banjir Rendam 3 Desa di Kalbar

Selain tiga desa di sekitar Desa Darit, Desa Anik pun secara perlahan mulai digenangi banjir.

Liputan6.com, Landak - Banjir melanda wilayah Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Sebanyak tiga desa di Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak, terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Landak, Theresia Limawardhani mengatakan, tiga desa yang terendam banjir yakni Pasar Darit, Desa Songga, dan Desa Ansang.

“Belum mengungsi, karena setiap tahun banjir. Rata-rata rumah di sana tingkat dua pakai kayu, jadinya warga diam di atas loteng. Curah hujan tinggi di sini beberapa hari ini,” kata Theresia kepada Liputan6.com, Sabtu (22/11/2014) malam.

Theresia menjelaskan, selain banjir longsor juga melanda Desa Lintang Betung. “Empat rumah rusak akibat tanah longsor. Masih dalam kewajaran. Tidak ada korban jiwa,” jelas dia.

Bencana ini membuat Pemerintah Kabupaten Landak menetapkan status Siaga Banjir. “Kita sekarang Siaga Banjir. Sosialisasi sudah dilakukan soal banjir. Karena setiap tahun seperti itu (banjir). Akibat Sungai Menyuke meluap dan ditambah hujan deras setiap harinya,” ujar Theresia.

Situasi terakhir, ketinggian air terus naik. Sebagian daerah yang terendam ada yang mencapai 50 centimeter hingga satu meter. "Pasar Darit pun turut terkena banjir, kalau rumah ada sekitar dua puluhan yang juga terendam dan selain itu jalan raya pun terendam," jelas dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, selain tiga desa di sekitar Desa Darit, Desa Anik pun secara perlahan mulai digenangi banjir. Air mulai mengepung rumah-rumah yang terletak di pinggir jalan dan Sungai Menyuke.

Selain di Kalbar, beberapa daerah lainnya di Indonesia juga mulai dilanda banjir memasuki musim penghujan akhir November ini. Di Sumatera Barat, banjir merendam ratusan rumah dan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) hingga membuat arus lalu lintas di daerah itu terjebak macet panjang. (Sun/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

Video Terkini