Sukses

Melihat Sekolah Anak Jokowi di Singapura

Lulus dari International Baccalaureate Diploma Program (IBDP), anak bungsu Jokowi itu kini mengantongi gelar diploma.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Presiden Jokowi di acara wisuda anak bungsunya, Kaesang Pangarep menjadi pemberitaan dunia. Selain aksi selfie dengan teman-teman sekolah anaknya, rasa bangga Jokowi menghadiri kelulusan Kaesang dari Anglo-Chinese School juga diberitakan.

Lulus dari International Baccalaureate Diploma Program (IBDP), putra bungsu Jokowi itu kini mengantongi gelar diploma. Bekal ini bisa digunakannya untuk melanjutkan pendidikan di universitas-universitas bergengsi di dunia.

Anglo-Chinese School menawarkan 2 jalur akademik. Yakni jalur Express Programme dengan masa belajar 4 tahun dan International Baccalaureate Diploma Programme (IBDP) dengan tambahan belajar 2 tahun dari Express Programme.

Kaesang sendiri mengambil jalur akademik IBDP dengan total 6 tahun masa belajar. Seperti dikutip dari situs resmi Anglo-Chinese School, Sabtu (22/11/2014), IBDP bisa dikatakan seperti program persiapan sebelum memasuki kampus atau pra-universitas yang ketika lulus, siswa mendapatkan gelar diploma.

Pada tahun ke-5 dan 6, para siswa akan mengikuti program semacam kursus yang proses belajarnya menggunakan kurikulum 'hexagon model' dengan 6 mata pelajaran dari 6 kelompok disiplin ilmu utama.

Keenam kelompok disiplin ilmu itu yakni: bahasa Inggris dan literatur, bahasa China dan literatur, individuals & societies yang di dalamnya berisi mata pelajaran ekonomi, sejarah, geografi, dan bisnis manajemen. Kemudian experimental sciences dengan mata pelajaran pilihan, di antaranya biologi, kimia, ilmu komputer. Lalu kelompok matematika, dan terakhir kelompok seni yang di dalamnya terdapat visual arts serta musik.

Mata pelajaran-mata pelajaran yang diambil tersebut nantinya akan dikategorikan menjadi 2, yakni level tinggi (HL) dengan 240 jam ajar dan level standar (SL) dengan 150 jam ajar.

Alumni-alumni sekolah Kaesang ini tersebar ke beberapa universitas di belahan dunia. Seperti Nanyang Technological University di Singapura, University of Cambridge di Inggris, dan Harvard University di Amerika Serikat.

International Baccalaureate merupakan studi yang diambil para pelajar yang berniat melanjutkan studi di perguruan tinggi asing. International Baccalaureate diakui sebagai kualifikasi internasional dan sering menjadi acuan banyak kampus dunia dalam menerima mahasiswa internasional.

Selfie

Kaesang Pangarep menjadi salah satu dari 146 wisudawan yang menerima sertifikat kelulusan dari ACSI. Saat Kaesang menerima sertifikat tersebut, tepuk tangan meriuhkan suasana gedung. Paling meriah di antara para wisudawan lain.

Selain orangtua murid, seremoni tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat kedubes. Kakak Kaesang, atau putri Jokowi, Kahiyang Ayu, juga hadir pada wisuda tersebut. "Aku bangga padanya (Kaesang) dan akan terus memberikannya semangat," ujar Kahiyang Ayu.

Kehadiran Jokowi di acara tersebut juga menjadi magnet tersendiri. Teman-teman anak Jokowi itu meminta Presiden ke-7 RI tersebut untuk berfoto selfie bersama. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini