Sukses

Pemuda Ini Jelajahi Laut dari Makassar Hingga Jakarta

Jumat kemarin 21 November dengan perahu kecilnya, Rofinus singgah di Pelabuhan Tasikagung, Rembang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Rembang - Laut Indonesia yang begitu luas sebenarnya menawarkan kandungan yang melimpah. Tetapi sayang, pemuda sekarang kurang meminati laut sebagai ajang untuk berkiprah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (22/11/2014), seorang pemuda mencoba melakukan hal yang luar biasa sebagai bentuk kecintaan terhadap laut. Ia pun menjelajah laut ribuan kilometer hanya dengan perahu kecil.

Rofinus Monteiro, begitulah nama pemuda pemberani asal Flores, Nusa Tenggara Timur. Jumat kemarin 21 November dengan perahu kecilnya, Ia singgah di Pelabuhan Tasikagung, Rembang, Jawa Tengah. Ternyata Rofinus singgah karena ada bagian perahunya yang rusak.

Rofinus sedang dalam pelayaran panjang sejak Juni lalu dengan perahu jenis Sandekh berukuran 1x5 meter. Ia bertolak dari Makassar, menantang gelombang dan badai laut untuk terus berlayar. Jakarta adalah tujuan pelayaran panjangnya.

Rofinus yang berusia 26 tahun itu seorang diri mengarungi lautan. Bukan untuk mencari ikan atau sekedar karena gemar berlayar, Ia juga punya tujuan yang lebih besar.

Setelah perahunya diperbaiki di Rembang, Rofinus berencana melanjutkan pelayaran ke Jakarta. Selama menjelajahi laut, Ia akan selalu berkomunikasi dengan TNI AL melalui radio komunikasi.

Sesampainya di Ibukota perahu Sandekh yang menemani Rofinus menjelajah laut akan dimasukkan ke dalam museum karena saat ini perahu asli dari Sulawesi Barat tersebut sudah langka. (Vra/Nan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.