Sukses

Hadiri Konferensi Fatayat, Ini Pesan JK untuk Wanita NU

JK hadir dalam konferensi Fatayat NU yang digelar di Gendung Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menghadiri acara pembukaan konferensi besar Fatayat Nahdhatul Ulama (NU) ke XV di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, JK mengamanatkan kepada Fatayat NU sebagai organisasi perempuan untuk meningkatkan peran dan kualitas perempuan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Tugas Fatayat NU sebagai organisasi perempuan adalah memberi solusi kepada para anggotanya untuk menjalankan profesinya, meningkatkan kemampuannya. Bekerja sama untuk meningkatkan keterampilan," kata JK, Jumat (21/11/2014).

Sementara itu, Ketua Umum Pucuk Pimpinan Fatayat NU, Ida Fauziyah mengatakan MEA yang akan dimulai pada 2015 diibaratkan seperti pisau bermata dua. Sisi pertama membuka peluang seluas-luasnya bagi perkembangan ekonomi Indonesia karena bisa menjangkau 9 pasar negara lain dengan lebih mudah. Namun di sisi lain, persaingan semakin ketat di pasar dagang ASEAN bahkan di dalam negeri.

"Apabila kita siap, akan menguntungkan bagi kita. Tapi apabila tidak siap, akan menjadi bencana bagi kita," kata Ida usai JK memberikan sambutan.

Politisi PKB ini menyatakan kesiapan Indonesia dalam menghadapi era masyarakat ASEAN sangat diperlukan agar Indonesia tidak hanya menjadi bangsa konsumen atas produk-produk negara lain, tetapi juga menjadi produsen yang bisa menjangkau pasar negara-negara lain.

Untuk itu, lanjut Ida Fatayat NU mengupayakan perubahan kebijakan yang memihak perempuan, membangun kapasitas sumber daya perempuan, dan membangun kapasitas organisasi. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini