Sukses

Bogor Hujan Lebat, Status Bendungan Katulampa Berpotensi Siaga

Hujan di Bogor diprediksi akan membuat ketinggian muka air di Bendungan Katulampa Bogor meningkat dan berpotensi berstatus Siaga.

Liputan6.com, Bogor - Wilayah Bogor sejak sore hari diguyur hujan dengan intensitas lebat. Kondisi tersebut diprediksi akan membuat ketinggian muka air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat, meningkat dan berpotensi berstatus Siaga.

Namun begitu, pantauan Liputan6.com di bendungan di Kecamatan Bogor Timur tersebut, ketinggian air masih di angka 50 cm atau status normal. Namun, jika hujan terus turun dipastikan debit air akan bertambah.

"Sejak sore hari ini wilayah puncak dilanda hujan. Ini membuat volume air meningkat dan sekarang menunjukkan ketinggian diangka 50 cm," ujar Kepala Pengawas Bendungan Katulampa, Andi Sudirman di Bogor, Jumat (21/11/2014).

Menurut Andi, pada angka 50 cm tersebut volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 40 ribu liter per detik. Jika hujan tidak kunjung berhenti, kemungkinan tinggi muka air bisa terus naik.

Namun demikian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok serta Jakarta untuk terus memantau naik turunnya volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati dan waspada dengan perubahan cuaca yang ekstrem," imbaunya.

Cuaca di wilayah Bogor hingga pukul 17‎.30 WIB‎ masih turun hujan dengan intensitas lebat. Kemudian untuk wilayah Puncak juga turun hujan dengan intensitas sedang. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini