Sukses

Tuntut Kenaikan UMP, Ratusan Buruh Jombang Bentrok dengan Polisi

Para buruh menilai kenaikan UMP Rp 2,7 juta tidak bermanfaat untuk mensejahterakan buruh.

Liputan6.com, Jombang - Ratusan buruh bentrok dengan polisi saat akan menuju kantor Pemkab Jombang, Jawa Timur. Massa pun memaksa menembus barikade polisi untuk bergabung dengan ribuan buruh lainnya. Aksi Ini dilakukan untuk menuntut kenaikan upah minimum kabupaten sebesar Rp 2,18 juta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (20/1/2014), aksi sweeping dilakukan oleh ribuan buruh ke sejumlah pabrik di kawasan Cibaligo, Cimahi, Jawa Barat.

Mereka mengajak para buruh yang masih bekerja untuk turun ke jalan. Para buruh kemudian melakukan konvoi menuju Gedung Sate, Bandung menuntut kenaikan upah.

Di Jakarta, ratusan buruh menutup ruas Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara saat berunjuk rasa menolak upah murah dan kenaikan harga BBM.

Aksi para buruh tersebut membuat kemacetan parah di sejumlah ruas jalan. Para buruh menilai kenaikan UMP (upah minimum provinsi) sebesar Rp 2,7 juta tidak bermanfaat untuk menyejahterakan buruh, sebab diikuti dengan kenaikan harga BBM. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini