Sukses

Pesona Goa Gong di Kampung SBY, Menakjubkan.

Pacitan, selain dikenal dengan pantainya yang indah., kota ini juga dijului kota seribu goa.

Citizen6, Pacitan Kemana tujuan Anda ketika berwisata di kota Jawa Timur? Pastinya anda akan berkeliling untuk menemukan suatu ciri khas dari kota tersebut bukan? Nah, ciri khas tersebut dapat berupa makanan khas, atau objek-objek wisata.

Di Jawa Timur terdapat objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Mungkin bagi warga asli Jawa Timur dan sekitarnya tidaklah asing dengan objek wisata alam ini. Namun, bagi wisatawan  lain baik domestik maupun luar negeri yang belum mengetahuinya.

Tempat ini dapat dijadikan referensi tujuan wisata saat liburan. Ya,Gua Gong merupakan gua yang terdapat di Kabupaten Pacitan, kampung Pak SBY, presiden Indonesia ke-6. Gua ini awalnya ditemukan oleh dua orang penduduk lokal yang ingin mencari air akibat kemarau panjang.

Dan penamaan ‘Gong’ sendiri diberikan karena konon pada saat-saat tertentu, di gunung yang terdapat gua tersebut sering terdengar bunyi-bunyian semacam gamelan Jawa, pertunjukan Reog bahkan sering terdengar orang menangis. Selain itu ada sebuah batuan di salah satu ruang yang apabila ditabuh akan mengeluarkan bunyi seperti gong.

Objek wisata Gua Gong ini begitu asri dan sejuk, karena dikelilingi oleh sederetan gunung. Diantaranya Gunung Manyar, Gunung Gede, Gunung Karang Pulut dan Gunung Grugah. Gua yang memiliki beberapa ruangan ini, menawarkan panorama indah yang begitu menakjubkan.

Di dalam gua, Anda akan dibuat terkagum-kagum atas keagungan Tuhan. Dengan batuan stalaktit (batuan yang menggantung di langit-langit gua) dan stalagmit (batuan yang menjulang dari dasar gua) yang begitu indahnya menghiasi gua tersebut.

Gua ini memiliki penerangan yang cukup dan anda jangan khawatir dengan medan yang ditempuh, karena gua ini dilengkapi dengan jalan setapak yang cukup baik. Selain batuan, di dalam gua ini terdapat sendang-sendang yang airnya jernih. Ada sekitar lima sendang yang konon memiliki nilai magis dalam penyembuhan penyakit yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan dan Sendang Relung Nisto. Di salah satu ruangan,terdapat batuan kristal dan marmer.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi gua ini, lokasinya berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten pacitan. Sekitar 30 km dari Kota Pacitan. Gua Gong dapat dicapai baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Disarankan bagi pengendara agar berhati-hati mengingat jalan yang berliku dan naik turun. Di objek wisata ini, Anda dapat menyewa pemandu wisata atau hanya sekedar membeli buku panduan wisata Gua Gong saja. Objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup memadai meliputi WC, musholla, toko souvenir, rumah makan, dan tempat parkir.

Berminat ke sana?

Pengirim:
Ardelia Rizkyana
Universitas Diponegoro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.