Sukses

Wisata Alam Posong, Menikmati Indahnya Tujuh Puncak Gunung

Berwisata alam ke Posong sebaiknya dilakukan di pagi hari

Citizen6, Jakarta Wisata alam Posong, sebuah tempat wisata yang terbilang baru. Lokasinya berada pada ketinggian sekitar 2.000 mdpl. Wisata alam Posong ini tidak begitu jauh dari alun-alun Temanggung, tepatnya di Desa Tlahap, kecamatan Kedung.

Rute untuk ke Posong sangatlah mudah. Jika berangkat dari barat seperti Purwokerto atau Wonosobo, dari Rumah Makan Joglo, sekitar 4 KM maka akan sampai ke Desa Tlahab, Posong berada di kiri jalan. Sedangkan untuk yang dari timur seperti Semarang atau Magelang, setelah melewati Rumah Makan Sigandul (coffee luwak asli Sigandul) sekitar 500 meter nanti sampai ke balai desa Tlahab, 100 meter kemudian akan ada petunjuk arah menuju Posong.

Posong menawarkan pemandangan yang indah karena dari sini Anda dapat melihat tujuh puncak gunung sekaligus yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan Gunung Muria. Dengan latar belakangnya adalah Gunung Sindoro.

Selain itu, Anda juga dapat melihat sunrise yang istimewa di Posong. Wisata alam Posong juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk berekreasi bersama keluarga, berkemah bersama teman-teman, atau sekedar untuk menjernihkan pikiran.

Bagi para pecinta alam, karena tempat ini cukup tinggi, banyak sekali para pecinta alam yang bermalam sekedar untuk melihat dan memotret milkyway (Galaksi Bimasakti) yang nampak jelas karena minimnya polusi cahaya.

Wisata alam yang masih dikembangkan terus fasilitasnya ini, kini jalannya sudah dapat dilalui oleh kendaraan beroda dua bahkan beroda empat. Tarif yang dikenakan pun terbilang sangat murah, anda hanya perlu membayar retribusi parkir sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Di wisata alam Posong, terdapat tiga gardu dengan luas yang sama yang dapat dijadikan sebagai tempat lesehan yang nyaman dengan pemandangan Gunung Sumbing yang terlihat besar.Juga ada bangunan pendukung seperti mushala, kamar mandi, dan sebuah warung kopi yang menawarkan kopi dan gorengan.

Berwisata alam ke Posong sebaiknya dilakukan di pagi hari, sebelum matahari benar-benar terbit agar Anda dapat melihat indahnya sunrise dengan hawa yang menyejukkan. Disarankan untuk membawa bekal sendiri karena warung disana hanya satu, juga untuk memakai pakaian yang tebal agar tidak kedinginan.

Hindari datang ke Posong ketika hari beranjak siang karena Posong akan tertutup kabut sehingga anda tidak dapat melihat pemandangan berupa gunung-gunung yang saling berdampingan.

Selain sunrise, anda juga bisa bermain outbound, melihat Watu Kelir, melihat Watu Mlongso, juga situs punden berundak yang masih dalam kawasan yang sama. Jika anda penasaran, silahkan datang dan buktikan keindahannya sendiri. Dijamin anda akan ketagihan untuk selalu datang kesini.

Pengirim:

Hajar Azizatun Niswah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini