Sukses

Status Bendung Katulampa Turun Jadi Siaga IV

Sebelumnya, status Bendung Katulampa hampir mendekati status Siaga I.

Liputan6.com, Bogor - Setelah bertahan selama sekitar 1 jam di angka 190 centimeter (cm), tinggi muka air (TMA) di Bendung Katulampa menurun drastis menjadi 90 cm. Statusnya pun kini turun menjadi Siaga IV setelah sebelumnya hampir mencapai Siaga I.

Kepala Posko Bendung Katulampa, Andi Sudirman, ketinggian menurun menjadi 90 cm sekitar pukul 20.30 WIB. Hal tersebut dikarenakan hujan di wilayah Puncak ‎dan sekitarnya sudah berhenti.

"Kondisi cuasa di Puncak sekaran masih hujan, namun dengan intensitas yang kecil. Bisa dikatakan hanya rintik-tintik, sehingga ketinggian air juga menurun dari 190 cm langsung menjadi 90 cm," katanya di Posko Bendung Katulampa, Bogor, Rabu (19/11/2014).

Andi menambahkan, pada angka 90 cm ini, air yang mengalir sekitar 140 ribu liter per detik menuju Jakarta. Selain itu perjalanan air menuju Jakarta akan sampai sekitar 12 sampai 14 jam.

Kata Andi, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran sungai ciliwung.

Hingga saat ini hujan dengan intensitas sedang masih menerpa di wilayah puncak dan sekitarnya.

"Diimbau kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati dan antisipasi terhadap naiknya tinngi muka air di Bendung Katulampa," tandas Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini