Sukses

Siap-Siap Jakarta Banjir, Katulampa Mendekati Siaga I

Ketua Posko Bendung Katulampa Andi Sudirman mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung agar waspada.

Liputan6.com, Bogor - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya, membuat tinggi muka air (TMA) di Bendungan Katulampa terus meningkat. Debit air bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor itu, sudah mencapai 190 centimeter atau dalam posisi status Siaga II.

Ketua Posko Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, naiknya debit air itu sekitar pukul 19.30 WIB. ‎Hal tersebut dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur wilayah Puncak atau kawasan hulu, seperti di Kecamatan Cisarua, Cipayung dan Megamendung.

"Angka 190 centimeter ini sudah hampir Mendekati Siaga I. Karena batas Siaga II itu dari 160 cm sampai 190 cm. Kemudian berpotensi untuk terus naik, jika hujan di Puncak terus terjadi," ujar Andi di Posko Bendungan Katulampa, Bogor, Rabu (19/11/2014).

Andi menjelaskan, debit air 190 centimeter ini mengalir sekitar 406.961 liter per detik. Diperkirakan air akan sampai di Jakarta setelah 12 sampai 14 jam melewati Sungai Ciliwung.

Andi menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk memantau kenaikan debit air di aliran Sungai Ciliwung.

Hingga saat ini, hujan lebat kembali menerpa di wilayah Puncak dan sekitarnya. "Diimbau kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati dan antisipasi terhadap naiknya tinggi muka air di Bendung Katulampa," pungkas Andi. (Rmn/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.