Sukses

Bogor Hujan Lebat, Bendungan Katulampa Siaga IV

Ketinggian Bendungan Katulampa itu menyentuh angka 70 centimeter.

Liputan6.com, Bogor - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya membuat tinggi muka air Bendungan Katulampa naik. Ketinggian air tersebut menyentuh angka 70 centimeter (CM) atau dalam status siaga IV.

Menurut Ketua Posko Bendungan Katulampa, Andi Sudirman, volume air itu mulai mengalami peningkatan sekitar pukul 16.00 WIB. Biasanya ketinggian air di Bendungan Katulampa akan naik setelah diterpa hujan dengan lama kurang lebih 1 sampai 2 jam.

"Kalau terjadi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah puncak dan s‎ekitarnya, biasanya dalam tempo 1 jam tinggi air akan bertambah. Seperti hari ini, tinggi airnya bertambah dari 30, 40 cm menjadi 70 cm," ungkapnya di posko Bendungan Katulampa, Kota Bogor, Rabu (19/11/2014).

Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung saat ini diperkirakan sebanyak 39.876 liter per detik. "Debit air di aliran sungai Ciliwung tersebut akan tiba di Jakarta 12 jam kemudian. Untuk itu warga yang berada di bantaran sungai untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," jelasnya.  

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Hingga saat ini, hujan dengan intensitas sedang masih menyiram wilayah puncak dan sekitarnya. "Diimbau kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung agar tetap berhati-hati dan antisipasi terhadap naiknya tinggi muka air di Bendungan Katulampa," pungkas Andi. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini