Sukses

Terkuak, Video Detik-detik Setelah Malaysia Airlines MH17 Celaka

Video dirilis tepat 4 bulan setelah Malaysia Airlines MH17 jatuh di wilayah Ukraina timur yang bergejolak 17 Juli 2014,

Liputan6.com, Kiev - Tepat 4 bulan setelah Malaysia Airlines MH17 jatuh di wilayah Ukraina timur yang bergejolak 17 Juli 2014, sebuah video yang menggambarkan detik-detik setelah pesawat jatuh dan mengepulkan asap hitam, dirilis.

Video amatir yang didapatkan The Associated Press tersebut merekam penduduk yang tampak ngeri berdiri kaget, saat kepulan tebal asap hitam membumbung ke langit kelabu di desa mereka.

Sebagian penduduk Hrabove, desa di timur Ukraina yang terletak 50 mil dari Donetsk, tampak tak yakin bagaimana harus bereaksi.

Sebagian berlari ke arah pesawat yang hancur, tapi mundur setelah menyadari pertolongan mereka tak akan ada artinya menghadapi bencana dahsyat yang disebabkan jatuhnya pesawat Boeing 777 itu.

Beberapa dari mereka bertanya-tanya, apakah pesawat yang jatuh itu adalah pesawat tempur Ukraina. "Di mana pilotnya," seru seseorang seperti terdengar dalam video, seperti Liputan6.com kutip dari situs Independent, Senin (17/11/2014)

Sebelum kecelakaan MH17 terjadi, media Ukraina melaporkan bahwa pasukan pemberontak pro-Rusia telah menembak jatuh pesawat transportasi militer Kiev, Antobov-24.

Diduga, orang yang mengambil gambar tersebut menggunakan ponselnya untuk merekam kejadian itu.

Sejak awal pihak pemberontak membantah dugaan mereka lah yang menembak jatuh pesawat penumpang itu. Sementara, pihak Barat yakin, MH17 ditembak jatuh oleh alat peluncur rudal SA-11 atau Buk -- yang disediakan pihak Rusia. Dan Moskow kukuh membantah dugaan itu. (Ein/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini