Sukses

Semburan Lumpur dan Gas di Balikpapan Mulai Ditutupi

Personel TNI menutup sumur yang mengeluarkan semburan lumpur disertai gas di Jalan Persatuan RT.30 Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan.

Liputan6.com, Balikpapan - Personel TNI Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman dan Pertamina EP Sangasanga, Kalimantan Timur mulai melakukan penutupan sumur yang mengeluarkan semburan lumpur disertai gas di Jalan Persatuan RT.30 Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan.

"Semburan lumpur disertai gas yang tidak berbahaya tersebut ditutup dengan menggunakan semen khusus sebanyak 400 sak," kata Kepala Lapangan Ring Service Pertamina EP Sangasanga, Tursana Fathur Ridwan di Balikpapan, Minggu (16/11/2014).

Personel TNI dari 600/Raider dan Zeni Tempur dikerahkan pada awal kejadian pada Sabtu lalu sekitar pukul 17.00 Wita untuk mengamankan lokasi dan menjaga keamanan tempat tinggal warga yang mengungsi.

"Kami memohon bantuan dari personel TNI terutama untuk membantu penutupan semburan lumpur dengan menggunakan semen. Serta mengamankan lokasi dari warga yang tidak berkepentingan," kata Tursana.

Saat ini, menurut dia, semburan lumpur tersebut sudah tidak ada lagi dan gas yang dikeluarkan tidak berbahaya atau beracun seperti H2S dan H2Cl.

Semburan lumpur yang disertai gas tersebut berada di samping Masjid Al Ikhlas dan mengeluarkan semburan lumpur ketika warga mengebor tanah untuk membuat sumur kebutuhan di masjid. Semburan lumpur mengenangi sebagian ruang masjid dan warga sekitar diungsikan untuk keamanan.

Sementara itu, Asisten I Pemkot Balikpapan, Syaiful mengatakan Pemkot Balikpapan menetapkan status tanggap darurat. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.