Sukses

SBY: Pejabat Daerah dari Demokrat Wajib Loyal kepada Jokowi

Ada 3 instruksi SBY untuk para kader Partai Demokrat, baik di DPR maupun yang menjadi pejabat daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan instruksi untuk seluruh kader Demokrat, baik yang di DPR maupun yang menjadi pejabat daerah. Instruksi itu disebut sebagai Tiga Kewajiban bagi Partai Demokrat atau disingkat 3 Wajib PD.

Hal itu diungkapkan SBY dalam cuitan di twitternya, @SBYudhoyono. SBY menegaskan, ada 3 instruksi yang wajib dijalankan seluruh kader Partai Demokrat di seluruh Indonesia. Terutama bagi mereka yang menjadi pejabat di daerah.

"Para Gubernur, Bupati & Walikota (atau wakil-wakilnya) yang berasal dari PD wajib loyal kepada Presiden Jokowi," cuit SBY, Minggu (16/11/2014).

Karena sebagai Kepala Daerah, kata SBY, garis komando dalam pemerintahan adalah presiden, bukan kepada ketua umum partai.

"Kedua, PD wajib mendukung kebijakan Presiden & pemerintah yang tepat & sungguh bermanfaat bagi rakyat. Tidak 'waton suloyo'," lanjut dia.

Ketiga, kader PD wajib mengkritisi dan menolak kebijakan presiden dan pemerintah yang tidak tepat dan nyata-nyata tidak pro rakyat. SBY meminta internal Demokrat agar etis dalam mengkritisi kebijakan pemerintah Jokowi-JK.

"Jika hrs tolak & kritisi kebijakan yg salah & tdk pro rakyat, PD mesti sampaikan dg cara yg tepat & beretika. Sekali lg, tdk 'waton suloyo'," tutup SBY. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.