Sukses

Banjir Rendam 3 Ribu Keluarga Bantaran Sungai Kampar Riau

Warga harus menggunakan perahu untuk menembus banjir di bantaran Sungai Kampar, Riau. Puluhan hewan ternak pun hanyut terendam banjir.

Liputan6.com, Riau - Selama 3 pekan, terakhir tingginya curah hujan menyebabkan sejumlah sungai utama di Provinsi Riau meluap. Salah satu sungai itu adalah luapan Sungai Kampar yang membelah Kabupaten Kampar membuat 3 ribu kepala keluarga (KK) bergulat dengan banjir.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (16/11/2014), banjir menggenangi jalan desa dan areal pertanian, sehingga mengganggu aktivtas perekonomian warga sekitar.

Warga bahkan harus menggunakan perahu untuk menembus banjir. Kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengimbau warga untuk mengungsi.

Banjir yang disebabkan meluapnya sejumlah sungai itu, juga menghanyutkan puluhan hewan ternak milik warga. Akhirnya, para warga membuat kandang-kandang darurat yang dibangun di bahu jalan untuk menampung ternak yang sempat terendam banjir.

Bantuan berupa sembako mulai dibagikan kepada korban banjir. Namun kini mereka masih membutuhkan tenda darurat dan posko kesehatan. Berdasarkan peta kebencanaan, 36 dari 149 kecamatan di Provinsi Riau berada di bantaran sungai yang sangat rawan dengan bencana banjir. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini