Sukses

Serunya Lomba Karapan Kambing di Lumajang

Tak sekedar lomba adu cepat, lomba karapan kambing ini juga menjadi adu gengsi di kalangan peternak.

Liputan6.com, Lumajang - Begitu aba-aba start dimulai, satu per satu peserta karapan melepas kambingnya agar berlari sekencang-kencangnya hingga garis finish. Inilah lomba karapan kambing yang digelar di Lumajang, Jawa Timur.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (16/11/2014), beragam cara dilakukan peserta agar kambingnya berlari cepat.

Ada yang hanya berteriak-teriak dari kejauhan saja. Namun ada juga peserta yang sampai mengejarnya dari belakang agar kambing berlari semakin kencang.

Bagi para peternak setempat, lomba karapan kambing bukan hanya adu cepat tapi juga ajang adu gengsi. Maka tak heran jika jauh hari sebelum lomba diselenggarakan, mereka sudah mempersiapkanya dengan matang.

Persiapan dimulai dengan memilih kambing yang bagus. Kambing kemudian dirawat dengan baik dan tak lupa diberi berbagai ramuan jamu agar kuat dan tangguh. Peternak kemudian melatihnya serta memasang bandul bunyi-bunyian pada ekor kambing saat lomba.

Lomba karapan kambing ini diikuti lebih dari 70 peserta yang berasal dari 3 kabupaten di Jawa Timur. Meliputi Kabupaten Lumajang, Jember dan Probolinggo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini