Sukses

Menteri Marwan Jafar Siap Kucurkan Dana Desa Rp 9,2 Triliun

Tiap desa di seluruh Indonesia akan memperoleh kucuran dana sebesar Rp 340 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mengucurkan dana sebesar Rp 9,2 triliun untuk 73 ribu desa di seluruh Indonesia pada Desember 2014 hingga Januari 2015. Tiap desa akan menerima dana sebesar Rp 340 juta.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar menyatakan kucuran dana desa ini bagian dari implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang ditekan era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.

"Untuk dana desa memang sudah ditetapkan mengacu pada anggaran sesuai nota keuangan APBN kemarin. Yakni sebanyak Rp 9,2 triliun dibagi 73 ribu desa atau sekitar Rp 340 juta per desa. Maksimal Desember sampai Januari besok sudah harus dikucurkan," kata Marwan di Kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Sabtu (15/11/2014).

Marwan saat ini sedang meminta revisi anggaran karena semakin banyaknya kebutuhan anggaran di kementeriannya. "Apalagi kita akan menjadi departemen, akan menjadi cluster dua yang membutuhkan anggaran sangat banyak," kata dia.

Marwan menyebut daerah atau desa tertinggal itu akan menjadi prioritasnya mendapatkan anggaran lebih melalui dana kabupaten tertinggal. Dana itu nantinya bisa digunakan untuk memakmurkan warga desa.

"Dana untuk kabupaten tertinggal bisa kita berikan untuk desa yang benar benar membutuhkan perhatian serius. Sehingga mereka nantinya dapat menjadi pilot project di kabupaten untuk meningkatkan kesejahteraan mereka," papar Marwan.

Menteri Marwan mengaku akan membentuk tim khusus untuk mengawasi, mendampingi, dan memonitor keuangan setiap desa selama proses pengucuran dana desa tersebut. Hal itu untuk kelancaran dan memudahkan laporan karena tak semua aparat desa mampu mengelola maupun menyusun laporan keuangan.

"Akan ada tim khusus di setiap desa seluruh Indonesia," tukas Menteri Marwan Jafar. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini