Sukses

Ketua DPRD DKI: Pelantikan Ahok Tergantung Jokowi

Sementara itu, Presiden Jokowi saat ini tengah berada di luar negeri. Lalu kapan pelantikan Ahok bakal digelar?

Liputan6.com, Jakarta - DPRD DKI Jakarta telah menjalankan tugasnya menggelar rapat paripurna istimewa pengumuman pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadi gubernur. Selanjutnya, pelantikan pria yang karib disapa Ahok itu tergantung pengesahan dari Presiden Jokowi.

"Insya Allah selesailah. Itu (pelantikan) urusannya Pak Presiden," ucap Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi usai paripurna di gedung DPRD DKI, Jakarta, Jumat (14/11/2014).

Selanjutnya, hari ini DPRD DKI Jakarta kemungkinan bakal menyerahkan verbal usulan pengangkatan Ahok kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun apakah pelantikan Ahok bakal digelar 18 November 2014 mendatang atau tidak, Prasetyo mengatakan, itu tergantung Presiden Jokowi.

Sebab, Jokowi saat ini masih berada di Australia dalam rangka kunjungan kenegaraan.

"Hari ini mungkin akan saya serahkan verbalnya. Tergantung Pak Presiden memerintahkan Kemendagri-nya. Saya belum dapat kabar karena beliau masih di luar negeri. Nanti secepatnyalah ya," jelas politisi PDIP itu.

Sementara itu, Paripurna Istimewa ini digelar sesuai Surat Keputusan (SK) Kemendagri nomor 121.32/4438/OTDA perihal mekanisme pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan sisa masa jabatan tahun 2012-2017. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini