Sukses

BPBD: Jakarta Siap Hadapi Banjir

Jakarta siap menghadapi musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta siap menghadapi musim hujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan, segala persiapan langkah antisipasi banjir Ibukota saat musim hujan nanti telah siap.

Kepala BPBD DKI Jakarta Bambang Musyawardana menuturkan, beberapa persiapan, seperti pembangunan waduk dan normalisasi sungai hingga saat ini masih dalam proses pengerjaan.

"Persiapan untuk di provinsi mayoritas sudah siap semua, dari segi mitigasi struktural, dalam arti pembangunan fisik belum selesai masih dalam proses. Tapi pembangunan fisik seperti normalisasi kali, mikro-makro, normalisasi waduk, pompa itu kan dalam proses semua," kata Bambang di Balaikota, Jakarta, Kamis (12/11/2014).

"Kalau kali sama waduk kan multiyears (jangka panjang), jadi belum bisa tuntas tahun ini. Akan dilanjutkan terus," imbuh dia.

Proyek pembangunan pompa dan sodetan, sambung dia, sudah dapat digunakan untuk mengurangi dampak banjir di DKI Jakarta. "Pompa-pompa sudah 80 persen, pembuatan sodetan akan selesai tahun 2015, pembuatan sumur resapan, itu yang dilakukan dinas energi itu lumayan juga tahun ini ada 3.620," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga telah mengantisipasi dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi masyarakat. Warga diharapkan dapat lebih tanggap dan mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan saat banjir datang.

"BPBD dengan dinas-dinas sosial dan Satpol PP itu pelatihan-pelatihan sudah banyak dilakukan kepada masyarakat dengan satuan penanggulangan bencana ikut dalam program pelatihan-pelatihan kayak pelatihan ke guru, anak sekolah, kader bencana dari masyarakat, kelurahan, itu sudah kita lakukan, dan tergantung implementasi nanti," ujar dia.

Selain itu, kerja sama pencegahan banjir antara pemerintah daerah mitra Jakarta, seperti Bogor, Tangerang, dan Bekasi juga diharapkan dapat bersinergi dengan baik. Meski persiapan hampir rampung, namun dia berharap hujan tahun ini tidak akan terlalu lebat.

"Mudah-mudahan sih hujannya tidak terlalu parah. Pokoknya yang penting kesiapan sudah siap kok," tandas Bambang. ‎

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memprediksi, bencana banjir yang menerjang Ibukota tak akan separah tahun-tahun lalu.

"‎Banjir sekarang akan lebih baik dari tahun lalu. Kita prediksi tidak akan lebih dari sehari banjirnya," ujar Ahok 12 November 2014 kemarin. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini