Sukses

Bertemu Presiden Myanmar, Jokowi Tawarkan Kerja Sama

Presiden Jokowi tawarkan Myanmar untuk jajaki kerjasama di bidang perhubungan yaitu penerbangan langsung dari Indonesia ke Myanmar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau[ Jokowi](/2132803 "") menyatakan siap bekerja sama dengan Myanmar. Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam kunjungan kehormatan kepada Presiden Republik Uni Myanmar U Thein Sein, sebelum menghadiri pembukaan KTT ASEAN ke-25 di Nay Pyi Taw.

"Kami ingin menyampaikan Indonesia siap bekerja sama dengan Myanmar dan menyiapkan tenaga ahli untuk ke Myanmar, sebagai contoh telah disiapkan tenaga kontruksi dari Indonesia ke Myanmar untuk mengerjakan proyek yang ada di sini," ujar Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut.

Jokowi juga menyampaikan komitmen Indonesia meningkatkan kerjasama untuk meningkatkan kesatuan ASEAN dalam rangka mewujudkan komunitas ASEAN 2015.

Ia juga menegaskan, Indonesia akan tetap menjadi sahabat Myanmar dalam mengembangkan hubungan bilateral dan dalam konteks pemajuan ASEAN.

"Indonesia akan tetap menjadi sahabat dan teman baik bagi Myanmar dalam mengembangkan hubungan bilateral antara kedua negara dan juga antara kita untuk memajukan ASEAN," ujar Jokowi.

Pada kesempatan ini, Jokowi dan Presiden Thein Sein juga menyepakati sejumlah hal yang menjadi prioritas bersama kedua negara.

Jokowi mengatakan, Indonesia juga akan terus mendorong BUMN dan swasta untuk menanamkan investasi di Myanmar khususnya di sektor pertambangan, telekomunikasi, dan infrastruktur.

"Dan kita ingin menekankan pentingnya kedua negara menjajaki kerjasama di bidang perhubungan yaitu penerbangan langsung dari Indonesia ke Myanmar dan juga bidang perbankan," tambah Presiden Jokowi. Selama ini Indonesia dan Myanmar telah bekerja sama di bidang pertanian khususnya beras. 

Menanggapi pernyataan Jokowi, Presiden Thein Sein menyatakan kedua negara perlu mengimplementasikan rencana kerjasama ini. "Saya yakin peluang bisnis dan investasi akan memajukan kedua negara. Saya berharap Anda dapat mendorong pebisnis Indonesia untuk berinvestasi dan berbisnis di Myanmar," ujar Thein Sein.

Untuk sektor finansial, Myanmar telah melakukan reformasi di sektor ini dan juga sektor keuangan. "Kami juga telah mengizinkan bank asing untuk membuka cabangnya di sini.Kami berharap bank Indonesia mau buka cabang di sini juga. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Anda," tambah Thein Sein.

Dalam kunjungan tersebut turut mendampingi Jokowi adalah Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Duta Besar RI untuk Myanmar Ito Sumardi. (Ant/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Negara yang terkenal dengan sumber daya alam yang banyak serta ekonominya yang stabil.
    Negara yang terkenal dengan sumber daya alam yang banyak serta ekonominya yang stabil.

    Myanmar

Video Terkini