Sukses

Ahok: Banjir Jakarta Tahun Ini Tak Akan Lebih dari Sehari

Bakal sesiap apa Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Ahok menghadapi banjir tahun ini?

Liputan6.com, Jakarta - Banjir sudah membayangi Jakarta jelang musim hujan ini. Namun, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memprediksi bencana langganan Ibukota tak akan separan tahun-tahun lalu.

"‎Banjir sekarang akan lebih baik dari tahun lalu. Kita prediksi tidak akan lebih dari sehari banjirnya," ujar Ahok di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/11/2014).

‎Ahok mengakui, persiapan antisipasi banjir masih menemui beberapa kendala teknis. Seperti masih adanya beberapa mesin pompa yang mati. Namun, kata dia, bila dibandingkan dengan tahun lalu, persiapan kali ini sudah cukup baik. Dia mengklaim, jajarannya juga lebih siap menghadapi banjir saat ini.

"Walau ada beberapa mesin kita kecolongan dan mengalami mati, tapi ini diperbaiki. Pembersihan dan pengerukan sungai lebih baik," ucap Ahok.

Sementara itu, ayah 3 anak tersebut mengakui, proyek sumur resapan yang telah dikerjakan sejak 2 tahun lalu itu belum selesai 100 persen. Menurut Ahok, pengerjaan sumur resapan baru dapat diselesaikan hingga tahun 2016.

"Beberapa belum sempurna, tahun depan daerah yang Mampang dan lain-lain, belum diperbaiki nanti akan jadi satu sistem dengan sungai dan sumur serapan. Belum bisa sampai tahun depan," tutur dia.

"Kita juga kesulitan menyediakan rumah susun, pinggiran sungai kan didudukin rumah 30-40 tahun, jadi alat nggak bisa kerja, normalisasi ketutup jalan," tandas Ahok.

Bakal sesiap apa Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Ahok menghadapi banjir tahun ini?

(Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir